logo


Tak Setuju Pelarangan Warga China ke Indonesia, Pakar HI: Itu Melanggar HAM

Pakar HI Universitas Indonesia tidak setuju dengan larangan warga China ke Indonesia

27 Januari 2020 16:45 WIB

Pakar hubungan internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana
Pakar hubungan internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana RMOL

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politisi PDI Perjuangan, TB Hasanuddin meminta pemerintah agar melarang warga China ke Indonesia. Ia khawatir Virus Corona akan masuk ke Indonesia.

Pakar Hubungan Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menanggapi larangan tersebut. Menurutnya melarang warga China masuk ke Indonesia adalah sebuah bentuk pelanggaran HAM.

"Menurut saya pemerintah tidak bisa menutup masuknya WN asal China karena itu dianggap melanggar HAM dan bisa diprotes oleh pemerintah China," ujar Hikmahanto seperti dilansir RMOL, Minggu (26/1/2020).


Ramai Virus Corona, PKS Desak Pemerintah Berikan Pengamanan WNI di Wuhan

Ia berpendapat bahwa yang harus dilakukan pemerintah adalah pencegahan secara intensif di pintu-pintu masuknya warga negara asing, terutama warga China.

"Yang pemerintah bisa lakukan adalah melakukan pengecekan yang teliti ketika siapapun yang berasal dari China discan, apakah menderita demam tinggi atau tidak," ujar Hikmahanto.

"Kalau ada yang terindikasi, maka harus dipisahkan dan langsung dibawa ke RS untuk dilakukan pengecekan. Cara itu tidak melanggar HAM," pungkasnya.

Virus Corona Sudah Masuk Asean, PPP Imbau: Mereka Harus Dikarantina

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati