logo


Dituding Pembawa Virus Korona, Ternyata Daging Kelelawar Bisa Bikin Cerdas

salah satu khasiatnya mengkonsumsi daging kelelawar membuat anak menjadi pandai

27 Januari 2020 15:58 WIB

makanan ekstrim kelelawar ternyata punya banyak manfaat
makanan ekstrim kelelawar ternyata punya banyak manfaat travelingyuk

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia dengan beragam suku dan budaya ternyata mempunyai banyak masakan yang unik dan khas. Kelelawar salah satunya, sudah menjadi hewan yang biasa dijadikan konsumsi. Contohnya di Manado, daging kelelawar diolah menjadi masakan khas dengan sebutan Paniki.

Sebetulnya hewan yang identik dengan logo salah satu superhero DC Comic ini, juga lumrah dikonsumsi masyarakat negara Asia lainnya. Seperti di Thailand, kelelawar goreng dapat mudah ditemukan di kawasan street food. Selain digoreng, ada juga yang memasak kelelawar dengan cara bumbu kari.

Kesampingkan dulu masalah virus Corona yang disinyalir tertular lewat olahan hewan nocturnal ini, walaupun bentuknya membuat sebagian orang geli, tapi ternyata mengkonsumsi daging kelelawar bermanfaat bagus bagi tubuh kita. Dilansir dari klikdokter.com berikut khasiat mengkonsumsi daging kelelawar:


Tanggulangi Kepanikan, PPP Desak Pemerintah Tegaskan Kebenaran Informasi Corona

1. Memcerdaskan Anak

Dalam penelitian, ternyata ditemukan kandungan Omega-3 dalam daging kelelawar. Terdapatnya kandungan tersebut, jika dikonsumsi secara rutin akan berkhasiat meningkatkan kecerdasan.

2. Obat Alergi

Seringnya gatal diakibatkan alergi ternyata dapat diatasi oleh olahan daging kelelawar. Memang belum ada studi khusus tentang manfaat ini, tapi oleh masyarakat yang mengkonsumsi daging kelelawar secara rutin, berkeyakinan sup kelelawar dapat mengobati alergi dan gatal-gatal.

3. Mengobati Asma

Konsumsi daging kelelawar oleh masyarakat memang lebih banyak sebagai obat penyakit asma. Penyakit yang menyerang sistem pernafasan ini terobati dengan kandungan kitofetin yang ada dalam daging kelelawar. Penderita asma akan merasakan efek peningkatan pernafasan setelah mereka mengkonsumsinya secara rutin.

4. Cegah Penuaan

Kulit keriput dan tidak lagi kencang merupakan tanda penuaan. Orang pun berlomba-lomba merawat kulit agar terlihat selalu muda. Mengkonsumsi olahan daging kelawar juga dipercara dapat mencagah penuaan dini. Bintik hitam, mata panda, dan juga keriput akan hilang bagi orang yang mengkonsumsinya.

5. Menyembuhkan Iritasi pada Kulit

Manfaat daging kelelawar lain untuk kecantikan adalah bisa menyembuhkan iritasi. Kulit orang yang sensitif akan mudah iritasi karena faktor alami dan faktor kimia. Dalam daging kelelawar mengandung omega-3 dan omega-9 yang berkhasiat mengobati kulit yang iritasi.

Setelah mendapat uraian khasiat diatas, bagaimana pendapat Sobat Jitu? Tertarik mengkonsumsi daging kelelawar?

Cegah Masuknya Virus Corona, Bamsoet: Travel Warning Adalah Pilhan yang Bijaksana

Halaman: 
Penulis : Gun-Gun