logo


Evaluasi Kinerja Pemda, Kementerian PANRB Serahkan "Rapor" SAKIP ke 161 Pemda

Kementerian PANRB terus berbenah atas penerapan SAKIP

27 Januari 2020 13:13 WIB

SAKIP Award
SAKIP Award Dok.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus berbenah atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada pemerintah kabupaten/kota wilayah II tahun 2019 di Bali pada Senin, 27 Januari 2020. Wilayah II ini meliputi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung.

Dalam agenda yang dijadwalkan, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo akan menyerahkan "rapor" SAKIP tersebut sekaligus rekomendasi perbaikannya.  Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian menerangkan hasil evaluasi akan diberikan kepada 161 Pemerintah Kabupaten atau kota yang di di wilayah II, dan hasil evaluasi dan rekomendasi harus dijalankan masing  pemerintah Daerah pada tahun yang akan datang.

“Sebanyak 161 Pemerintah Kabupaten atau kota dan Provinsi di Wilayah II akan diberikan hasil evaluasinya serta rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan di tahun selanjutnya,” ungkap Andi, Minggu (26/01).


Dunia Usaha Harus Proaktif Dukung Swasembada Pangan

Andi menjelaskan Kementerian PANRB mendorong agar pemerintah sampai tingkat kabupaten harus menerapkan langkah konkret untuk mewujudkan reformasi birokrasi melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien. Hal ini dilakukan dengan menerapkan SAKIP.

Dirinya juga menegaskan Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah. Evaluasi tersebut telah dapat memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori.

Tahun Depan, Pemerintah Bangun 47 Pembangkit Diesel

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata