logo


Polres Magetan Tangkap 2 Pengedar Uang Palsu

Korban kebanyakan adalah para lansia yang merupakan pemilik toko

27 Januari 2020 10:22 WIB

Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana saat merilis penangkapan 2 pengedar uang palsu.
Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana saat merilis penangkapan 2 pengedar uang palsu. Ist

JATENG, JITUNEWS.COM - Polres Magetan menangkap 2 pengedar uang palsu yang biasa beraksi di sekitaran Kabupaten Magetan. 2 pengedar tersebut kini sudah dinaikkan statusnya menjadi tersangka yakni Mispandi bin Sarpandi (48) dan Dewi Derita (46).

"Pelaku berkeliling mencari toko-toko kecil atau pasar tradisional di sekitaran Kabupaten Magetan untuk membelanjakan uang palsu miliknya. Setelah berhasil selanjutnya barang-barang hasil membeli dengan menggunakan uang palsu tersebut dijual kembali guna mendapatkan uang asli," ujar Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana dalam rilisnya, Senin (27/1).


Ketua DPR Desak Polisi Usut Tuntas Pengedar Uang Palsu

Polres Magetan juga telah mengamankan barang bukti yang diduga berkaitan dengan tindak pidana tersebut yakni 1 unit mobil merk Daihatsu Ayla warna putih dengan nopol AE 1168 ES beserta STNK. 46 lembar uang kertas yang diduga palsu pecahan 100 ribu dan uang asli senilai Rp 611.800, serta sebuah tas warna hitam merk Pajero Sport.

Para tersangka kemudian dijerat dengan Pasal 36 ayat (2) dan Ayat (3) UU RI Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang Jo. Pasal 245 KUH Pidana dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun dan denda maksimal Rp 50 juta.

Sementara itu, korban kebanyakan adalah para lansia yang merupakan pemilik toko seperti Pujiati (58), Parmi (63), Mirah (65), Kamsiah (61), dan Suratun (53).

"Crazy Rich" dari Surabaya, Pria Ini Tukarkan Dollar Senilai Dua Trilliun Rupiah

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan