logo


Prabowo Kelola Anggaran Rp127 Triliun, Ini Pesan Sri Mulyani

Sri Mulyani mengatakan bahwa semakin besar negara maka semakin perlu meningkatkan pertahanan dan keamanan

26 Januari 2020 08:32 WIB

Prabowo Subianto dan Sri Mulyani
Prabowo Subianto dan Sri Mulyani Instagram @smindrawati

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan bahwa semakin besar negara maka semakin perlu meningkatkan pertahanan dan keamanan agar negara lain tertarik dengan Indonesia.

"Makin besar negara kita nanti, makin perlu kita untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan negara karena akan makin banyak negara yang mempunyai interest terhadap negara kita," kata Sri Mulyani seperti dilansir dari akun Instagramnya, Minggu (26/1).

Menurutnya, ancaman bisa datang dari dalam atau luar negeri. Sri Mulyani juga menyinggung mengenai ancaman perang.


Jokowi Minta Prabowo Kembangkan Sistem Senjata Otonom

"Ancaman terhadap pertahanan dan keamanan nasional bisa dari dalam dan luar negeri serta dalam bentuk traditional dan non tradisional. Bahkan non state actor (aktor non negara) saat ini dapat lebih mengancam daripada ancaman sebuah negara," katanya.

"Ancaman perang sekarang harus dilihat dari dinamika interaksi antar manusia dan antar negara dimana sekarang dunia bersifat tanpa batas (borderless). Kemenhan anggarannya berasal dari rupiah murni yang diambil dari pajak, pinjaman dalam negeri dan pinjaman luar negeri. Banyak peralatan militer kita dibeli dari luar negeri. Pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) membutuhkan proses yang panjang," lanjutnya.

Ia juga berpesan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto terkait pengelolaan anggaran Rp127 triliun,

"Menteri Pertahanan dan Panglima TNI perlu duduk bersama agar belanja alutsista dapat lebih efisien dan memberikan kepastian. Jangan sampai karena ada pergantian pejabat tinggi Kemenhan atau TNI lalu peralatan yang sudah direncanakan akan dibeli, diganti lagi padahal anggarannya sudah disediakan dan prosesnya harus dimulai lagi dari awal," katanya.

Di Pameran Alutsista, Jokowi dan Prabowo Tinjau Ransum TNI Buatan Anak Bangsa

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata