logo


Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Ditengah Ancaman Global Virus Corona

Dunia saat ini tengah digemparkan dengan virus mematikan asal Tiongkok yakni Coronavirus yang telah menyebar ke sejumlah negara di kawasan Asia seperti Jepang, Vietnam, Thailand, Singapura.

25 Januari 2020 13:34 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah memastikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kelas 3 tetap naik meskipun mendapat penolakan oleh Komisi IX DPR RI. Iuran BPJS Kesehatan kelas 3 yang sebelumnya sebesar Rp 25.500 per bulan Januari 2020 naik menjadi Rp 42.000.

“Untuk mengingatkan, pada tanggal 12 Desember 2019 tersebut, dalam rapat komisi IX dan pemerintah terkait, telah menghasilkan kesepakatan bersama tentang jaminan pemerintah bahwa tertanggal 1 Januari 2020 untuk Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) Kelas III mandiri, tidak ada kenaikan, dengan kata lain tetap membayar Rp 25.500,” ujar Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati. di Jakarta, Selasa (21/1/2020) kemarin.

“Akan tetapi pada kenyataannya, kenaikan tarif tersebut tetap terjadi dan kesepakatan tidak dilaksanakan oleh Pemerintah dan BPJS,” tuturnya.


Jumlah Korban Tewas Akibat Virus Corona Bertambah, Lebih dari 1.200 Kasus

Sementara itu, dunia saat ini tengah digemparkan dengan virus mematikan asal Tiongkok yakni Coronavirus yang telah menyebar ke sejumlah negara di kawasan Asia seperti Jepang, Vietnam, Thailand, Singapura. Tak hanya disitu, baru-baru ini Australia, Perancis dan Amerika Serikat juga melaporkan adanya indikasi beberapa warga negaranya yang terpapar virus itu.

Pemerintah Indonesia sendiri tengah berupaya untuk mencegah penyebaran virus tersebut masuk ke dalam wilayah NKRI dengan memperketat pengecekan penumpang di pintu masuk kedatangan pelabuhan dan bandara. Kendati demikian, pemerintah belum mengeluarkan kebijakan travel warning bagi WNI yang akan mengunjungi China. Semoga saja virus Corona tersebut tidak menyebar ke wilayah Indonesia.

Waspada, Coronavirus Sudah Menyebar ke Perancis

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia