logo


5 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Seukuran Kelurahan di Jakarta

Banyak orang yang masih berpikir bahwa untuk menjadi sebuah negara harus memiliki wilayah yang luas. Apalagi orang-orang yang mendominasi dunia terdapat di negara-negara yang memiliki wilayah terluas, Indonesia salah satunya.

25 Januari 2020 12:43 WIB

pinterest

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak orang yang masih berpikir bahwa untuk menjadi sebuah negara harus memiliki wilayah yang luas. Apalagi orang-orang yang mendominasi dunia terdapat di negara-negara yang memiliki wilayah terluas, Indonesia salah satunya.

Namun, perlu diketahui, diluar sana banyak juga negara luas wilayahnya relatif kecil, bahkan hanya seukuran kota-kota di Indonesia. Berikut ini merupakan enam negara terkecil di dunia yang berhasil dihimpun oleh jitunews.com.

1. Vatikan (0,44 Km²)


Tagar Jangan Takut Gendut Ramaikan Twitter, Ini 4 Keuntungan Orang Gendut yang Bikin Kamu Nggak Nyangka

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia yang terletak di sekitar kota Roma, Italia. Negara ini hanya memiliki luas wilayah kurang lebih 0,44 km persegi atau lebih kecil dibanding luas daerah Rawamangun, Jakarta Timur. Vatikan terkenal sebagai pusat Gereja Katolik di Wilayah Eropa. Penghasilan utama negara ini berasal dari sumbangan sukarela anggota-anggota Gereja Katolik Roma dari seluruh penjuru dunia.

2. Monako (2 Km²)

Monako merupakan negara kedua dengan wilayah terkecil di dunia, sedikit lebih luas dibanding Vatikan. Luas wilayah daratan Monako hanya 2 km persegi atau setara dengan setengah luas kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan jumlah populasi penduduk sebanyak 36.000 jiwa. Negara ini berbatasan langsung dengan Prancis. Meski tidak luas, namun Monako memiliki perekonomian yang sangat maju. Negara ini dikenal sebagai rumah dari para jutawan dan miliarder dunia sehingga tak heran jika jumlah casino dan fasilitas bintang lima lain memenuhi setiap sudut negara ini.

3. Nauru (21 Km²)

Nauru terletak di sebelah timur benua Australia, disebuah pulau kecil di tengah Samudera Pasifik. Dengan luas sekitar 21 km persegi, Nauru menjadi salah satu negara pulau terkecil di muka bumi.

4. Tuvalu (26 Km²)

Masih di kawasan yang sama dengan Nauru, Tuvalu juga berdiri pada sebuah pulau dengan luas wilayah sebesar 26 km persegi. Negara yang memiliki jumlah populasi 10 ribu jiwa ini mendapat hadiah kemerdekaan dari Kerajaan Inggris pada tahun 1978 silam. Negara ini hanya mengandalkan sektor pariwisata untuk mendukung perekonomiannya.

5. San Marino (61 Km²)

"Kecil-kecil cabe rawit", mungkin istilah tersebut cocok untuk menggambarkan San Marino. Negara dengan luas wilayah hanya 61 km persegi ini termasuk salah satu negara dengan PDB tertinggi di Eropa. Secara geografis, San Marino terletak di dalam negara Italia, sebelah timur Kota Florenze, markas tim sepak bola Fiorentina. Negara ini sangat bergantung pada sektor industri, pariwisata dan keuangan.

Bukan Hanya Karena Cinta, 5 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Jantungmu Berdebar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia