logo


Angkat Mantan Ketua KPK Sebagai Penasehat Ahli, IPW Apresiasi Kapolri

Simak ulasan selengkapnya

24 Januari 2020 21:00 WIB

Idham Aziz
Idham Aziz Doc Jitu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesian Police Watch (IPW) memberi apresiasi pada Kapolri Idham Azis yang sudah mengangkat mantan Ketua KPK Agus Rahardjo sebagai Penasehat Ahli Kapolri.

Keberadaan Agus diharapkan bisa membuat Polri membersihkan dirinya dari aksi korupsi, pungli, mafia kasus, mafia jabatan maupun mafia proyek. Selain itu Agus diharapkan dapat membuka akses KPK untuk melakukan OTT terhadap para jenderal maupun perwira Polri yang korup.

“Penasehat ahli Kapolri bukanlah hal baru bagi dunia kepolisian di negeri ini. Dari waktu ke waktu, Kapolri kerap memiliki penasehat ahli. Namun saat ini kapolri idam Azis mengangkat 17 penasehat ahli terdiri dari berbagai kalangan ahli,” ujar Ketua Presidium Ind Police Watch, Neta S Pane di Jakarta, Jumat (24/1/2020).


Penyidikan Mantan Menpora Imam Nahrawi Dirampungkan

IPW juga berharap masuknya mantan pimpinan KPK itu bisa mendorong dituntaskannya belasan kasus korupsi besar yang berhenti hingga saat ini di Bareskrim, seperti kasus kondensat, kasus yayasan Pertamina, kasus Pelindo 2 dan lain sebagainya.

Selain itu, Agus juga harus bisa mendorong terjadinya sinerji Polri dan KPK untuk membersihkan institusi kepolisian dari perwira perwira yang korup dan suka pungli.

“Dan yang tak kalah penting sebagai penasehat ahli Kapolri, Agus harus mendorong dan membuka KPK untuk melakukan OTT terhadap jenderal atau perwira polri. Selama ini KPK hanya melakukan OTT terhadap politisi, kepala daerah, hakim dan jaksa dan tidak pernah melakukan OTT terhadap jenderal polisi,” kata Neta.

“Dengan masuknya Agus sebagai penasehat ahli Kapolri, sudah saatnya Agus mendorong KPK masuk untuk melakukan OTT terhadap jenderal polisi. Jika tidak bisa membersihkan Polri sebaiknya Agus mundur saja sebagai Penasehat Ahli Kapolri. Sebab ia tak lebih sebagai pajangan di tengah masih berkembangnya persepsi buruk masyarakat terhadap Polri,” pungkasnya.

Hasto Kristiyanto Sebut Harun Masiku Adalah Korban

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma