logo


Cegah Virus Corona, Pimpinan MPR Minta Pemerintah Terbitkan Travel Warning ke China

Pemerintah terus berupaya agar virus Corona tidak masuk ke Indonesia

24 Januari 2020 20:15 WIB

Ahmad Muzani
Ahmad Muzani Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah terus berupaya agar virus Corona tidak masuk ke Indonesia. Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani, meminta pemerintah untuk menerbitkan peringatan perjalanan bagi warga negara Indonesia yang ingin pergi ke China.

"Mungkin tidak perlu seluruh wilayah negara itu, tapi di tempat virus Corona itu mewabah. Kita harus mengeluarkan travel warning yang agak keras, sehingga warga Indonesia tidak mendatangi wilayah tersebut untuk menghindari terjangkitnya wabah tersebut," kata Muzani di gedung MPR/DPR, Jumat (24/1).

Selain itu, menurutnya, pemerintah bisa menghentikan produk dari Wuhan seperti buah dan unggas untuk masuk ke Indonesia. Hal itu adalah salah satu upaya pencegahan virus masuk.


Dampak Coronavirus, Kota Terlarang Ditutup Pemerintah China

"Kalau untuk melakukan pencegahan ya segala macam jenis ya, unggas dan buah dari kota tersebut dihentikan sementara untuk selanjutnya dievaluasi," katanya.

Muzani mengaku kaget mendengar informasi bahwa virus Corona menyebar di Indonesia.

"Saya agak kaget karena pemerintah sebelumnya ini agak optimis bahwa itu tidak akan masuk ke Indonesia, karena daya tahan kita terhadap virus itu cukup kebal, kita ada sekian jenis virus yang ditempelkan kepada setiap manusia Indonesia, sehingga relatif memiliki kekebalan tubuh," jelas Muzani.

Terkait Penyebaran Virus Corona, Terawan: Kami Waspadai

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata