logo


Ibu Kota RI Bakal Pindah, Tentara Malaysia Perketat Keamanan Perbatasan

Militer Malaysia dilaporkan tengah mempersiapkan strategi pengamanan di wilayah perbatasan untuk menyambut rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

24 Januari 2020 11:15 WIB

kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Militer Malaysia dilaporkan tengah mempersiapkan strategi pengamanan di wilayah perbatasan untuk menyambut rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Angkatan Darat Malaysia (TDM), Jenderal Tan Sri Ahmad Hasbullah Mohd Nawawi dilansir dari The Borneo Post, Kamis (23/1).

Ia menyatakan bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia akan memperketat pengawasan di kawasan perbatasan Malaysia-Indonesia untuk mencegah penyelundupan atau tindak kejahatan di perbatasan kedua negara.


Soal Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan, DPR: "Lumayan Ambisius..."

"Bagaimanapun juga jika melibatkan unsur pengembangan ekonomi, aspek keamanan juga harus dipertimbangkan untuk memastikan wilayah perbatasan bebas dari tindak kejahatan lintas negara," kata Nawawi, seperti dikutip dari The Borneo Post, Kamis (23/1).

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini tengah mengajukan rencana tersebut ke Pemerintah Malaysia terkait anggaran dan penempatan personil.

"Perlu diketahui bahwa TDM hanya mengikuti kebijakan pemerintah dan mengatur penggunaan anggaran. Maka dari itu kami memberikan pilihan kepada pemerintah untuk penempatan anggota dan urusan lainnya terkait usulan ini," ujar Nawawi.

118 Ribu PNS Akan Dipindahkan di Ibu Kota Baru, Fadli Zon Berikan Sindiran Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia