logo


Diduga Halangi Proses Hukum, Yasonna Dilaporkan

Yasonna Laoly dilaporkan oleh Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi

23 Januari 2020 22:12 WIB

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly. setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dilaporkan oleh Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi atas dugaan merintangi penyidikan dalam kasus korupsi penetapan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. Kasus tersebut menjerat politikus PDIP Harun Masiku dan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

Kurnia Ramadhana selaku pelapor menyerahkan barang bukti berupa satu berkas dokumen yang terdiri dari hasil kajian, surat dan tangkapan layar CCTV ketika Harun melintas di Bandara Soekarno Hatta.

"Hari ini kita melaporkan saudara Yasonna H. Laoly selaku Menkumham atas dugaan menghalangi proses hukum atau obstruction of justice (OJ)," kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana di Kantor KPK, Jakarta, Kamis (23/1).


Politisi Demokrat: KPK Tidak Serius Menangkap Masiku

Kurnia mengatakan pelaporan tersebut didasari adanya perbedaan pendapat mengenai keberadaan Harun Masiku. Yasonna menyatakan Harun masih berada di luar negeri pada pekan pertama bulan Januari, sedangkan istri dari Harun Masiku, Hilda, menyebut bahwa suaminya sudah di Indonesia sejak 7 Januari 2020.

Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi terdiri dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Transparency International Indonesia (TII), dan beberapa lainnya.

Dinilai Beri Perlindungan ke Harun Masiku, Yasonna Dilaporkan ke KPK

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×