logo


Geger Virus Wuhan, Semua Harus Waspada!

Adjeng Ratna mengapresiasi upaya cepat pemerintah RI untuk menangkal virus

23 Januari 2020 15:52 WIB

Adjeng Ratna Suminar
Adjeng Ratna Suminar Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belakangan ini, dunia digegerkan dengan penyebaran virus Corona yang telah menginfeksi sejumlah orang di Asia. Pemerintah China, hari ini, Kamis (23/1), telah mengisolasi Kota Wuhan dengan menghentikan semua penerbangan dan transportasi lainnya baik masuk maupun ke luar kota Wuhan, tempat awal virus.

Pemerintah Indonesia juga sudah bergerak cepat untuk menangkal masuknya virus Yang diklaim mirip dengan virus Sever Acute Respiratory Syndrome (SARS). Di bandara-bandara internasional, Kemenhub meningkatkan pengawasan terhadap penumpang rute internasional yang baru tiba, terutama yang baru tiba dari negara terjangkit.

Mantan Anggota DPR RI Adjeng Ratna Suminar mengapresiasi upaya cepat pemerintah RI untuk menangkal virus yang berasal dari ikan tersebut.

"Saya mendukung upaya pemerintah, ini tidak main-main. Jangan sampai virus mematikan itu masuk ke Indonesia," ujar Adjeng kepada wartawan, Kamis (23/1).


Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Fasilitas Kesehatan di Bandara dan Pelabuhan Siaga

Selain itu, Adjeng yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni Lemhanas PPRA ke-41 ini juga meminta masyarakat untuk perhatian terhadap kesehatannya masing-masing. Apalagi bagi para WNI yang ingin bepergian maupun kembali dari China, sebaiknya mengikuti prosedur penanganan pencegahan virus yang diberikan oleh pemerintah.

Saat ini, sejumlah negara seperti Thailand, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang sudah mengonfirmasi bahwa ada warganya yang terinfeksi virus mematikan tersebut. Tercatat sudah 17 orang meninggal dunia dan 540 kasus lainnya yang terpapar virus ini.

Sementara itu, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta telah menerbitkan edaran terkait pencegahan masuknya virus Korona ke Indonesia.

Di dalam surat edara tersebut selain tercantun peningkatan pengawasan melalui thermal scanner dan surveillance syndrome, KKP Soekarno-Hatta juga memberikan imbauan kepada maskapai.

"Semua maskapai yang melayani penerbangna langsung maupun transit dari Tiongkok dan Hong Kong untuk segera menyampaikan dokumen kesehatan berupa gendec dan manifest penumpang sesaat setelah mendarat kepada petugas kesehatab di Pos Kesehatan KKP terminal penerbangan internasional," demikian tercantum di dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala KKP Kelas I Soekarno-Hatta dr. Anas Ma'ruf.

Cegah Penyebaran Coronavirus, Pemerintah China Blokir Semua Akses Kota Wuhan

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Aurora Denata