logo


Di Pameran Alutsista, Jokowi dan Prabowo Tinjau Ransum TNI Buatan Anak Bangsa

Kemhan menggelar pameran produk-produk Alutsista hasil produksi dari industri dalam negeri bersamaan dengan Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Kemhan) tahun 2020

23 Januari 2020 15:30 WIB

Kunjungan Presiden Joko Widodo dan Rombongan Mengunjungi Stand PT Jangkar Nusantara Megah (Produsen Ransum Tentara yang berhasil tembus pasar Dunia
Kunjungan Presiden Joko Widodo dan Rombongan Mengunjungi Stand PT Jangkar Nusantara Megah (Produsen Ransum Tentara yang berhasil tembus pasar Dunia Biro Pers Istana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan hari ini, Kamis (23/1) menggelar Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Kemhan) tahun 2020. Rapim Kemhan itu dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo yang sekaligus memberikan pengarahan.

"Kehadiran Bapak Presiden sebagai Panglima tertinggi TNI sungguh membangkitkan semangat moril dan kepercayaan diri seluruh komunitas pertahanan Indonesia, dan pasti juga Kepolisian Negara Indonesia," ujar Menhan Prabowo Subianto.

Pada kesempatan itu, Kemhan juga menggelar pameran produk-produk Alutsista hasil produksi dari industri dalam negeri baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Swasta yang tergabung dalam Perkumpulan Industri Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas).


Sebut Kunjungan Prabowo ke Luar Negeri dalam Rangka Diplomasi, Jokowi: Bukan untuk Lain-lain

Hadir juga dalam kesempatan itu Menko Polhukam Mahfud MD, Menlu Retno Marsudi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Presiden Joko Widodo usai memberikan pengarahan, dengan didampingi oleh Menhan Prabowo Subianto dan pejabat lainnya lantas mengunjungi stan-stan perusahaan dalam negeri yang memproduksi alat pertahanan.

Jokowi beserta rombongan terlihat mengunjungi stan milik PT Jangkar Nusantara Megah. Di situ Presiden melihat ransum buatan dalam negeri yang dikonsumsi oleh para prajurit TNI.

Untuk diketahui, PT Jangkar Nusantara Megah adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada industri strategis pertahanan dengan memproduksi makanan bagi prajurit TNI yang sedang menjalankan tugas di lapangan. Produk ransumnya tidak hanya dipakai di dalam negeri saja, namun juga telah diekspor ke berbagai negara di antaranya ke Brunai Darussalam dan Timor Leste. Selain itu ransum milik perusahaan dalam negeri ini juga telah digunakan oleh pasukan perdamaian dunia dibawah United Nations/PBB, sebagai bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi di bawah UNHCR dan sebagai nutrisi untuk pemberantasan gizi buruk bagi anak-anak di seluruh dunia oleh UNICEF.

Kepercayaan dari luar terhadap ransum produksi dalam negeri ini didapat lantaran ransum milik PT Jangkar Nusantara Megah mengandung unsur kecukupan gizi, nutrisi, kalori, protein, kesehatan, dan taktis di lapangan. Bahkan untuk mengeluarkan sebuah produknya saja, PT Jangkar Nusantara Megah membutuhkan waktu 2 hingga 3 tahun untuk melakukan riset sehingga produk yang dikeluarjan benar-benar bermutu dan berkualitas tinggi.

Tak hanya itu, ransum milik Jangkar Nusantara Megah ini, kandungannya juga sudah disesuaikan dengan beban atau aktifitas personel masing-masing satuan TNI yang berdinas di lapangan. Kandungan nutrisinya sudah disesuaikan sehingga dapat menunjang kebutuhan tubuh personel masing-masing sesuai dengan aktifitas sehari-harinya.

Keunggulan lainnya adalah ransum ini tanpa bahan pengawet, proses pembuatannya di pabrik juga sangat steril. Dipastikan ransum bikinan PT Jangkar Nusantara Megah steril dari bakteri maupun mikroorganisme lainnya.

Selain menghasilkan ransum, PT Jangkar Nusantara Megah juga memadukan semua proses produksinya sendiri. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung perekonomian dalam negeri karena bahan baku yang digunakannya berasal dari lokal. Mulai dari pertaniannya dengan melakukan pembibitan sendiri, penanaman padi hingga panen, serta peternakannya sendiri.

Jokowi Minta Prabowo Kembangkan Sistem Senjata Otonom

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Iskandar
 
×
×