logo


Terkait Kasus Harun Masiku, Politisi NasDem Sebut Yasonna Ada Konflik Kepentingan

Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari menilai adanya kemungkinan konflik kepentingan Yasonna Laoly yang menjabat sebagai MenkumHAM sekaligus pengurus DPP PDIP.

23 Januari 2020 12:45 WIB

rilis.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari menilai adanya kemungkinan konflik kepentingan Yasonna Laoly yang menjabat sebagai MenkumHAM sekaligus pengurus DPP PDIP. Taufik berpendapat sebagai Menkum HAM, Yasonna seharusnya mendukung penegak hukum dalam mengusut tuntas terkait kasus eks caleg PDIP Harun Masiku.

Sebelumnya, Yasonna menyebut Harun Masiku sudah meninggalkan Indonesia sejak dua hari sebelum KPK melakukan OTT terhadap Mantan Komisaris KPU Wahyu Setiawan dan hingga kini belum kembali. Padahal, berdasarkan catatan Imigrasi, Harun Masiku sudah kembali ke Indonesia sehari sebelum OTT KPP dilakukan.

"Memang saya lihat ada konflik kepentingan yang semestinya harus dijaga dalam rangka kita sama-sama mendukung penegakan hukum yang berjalan," kata Taufik Basari di Gedung DPR RI, Senayan, Kamis (23/1).


Berdalih Ada Delay Time, Dirjen Imigrasi Tegaskan Keberadaan Harun Masiku

"Kenapa ada konflik kepentingan? Karena ada juga terkait dengan tugas dan kewenangan diri KemenkumHAM, khususnya dalam hal keimigrasian," imbuhnya.

Meski demikian, Taufik Basari enggan berspekulasi. Ia menegaskan keberadaan Harun Masiku itu harus segera diusut agar tidak terjadi misinformasi.

"Jadi tidak boleh berhenti hanya mengkoreksi keterangan atau informasi yang sempat disampaikan sebelumnya. Harus diusut siapa yang melakukan, apakah ada pemerintah atau memang hanya kesalahan manusia biasa dan sebagainya, itu harus clear," tegas Taufik Basari.

Terkait Keberadaan Harun Masiku, Djarot Saiful: Harusnya Pak Yasonna Dong yang Tegur

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia