logo


Soal Kasus Pembobolan Data Kartu SIM, BRTI Minta Masyarakat Lebih Waspada

BRTI telah meminta penjelasan dari pihak Indosat

22 Januari 2020 22:06 WIB

Konferensi Pers "Pembobolan Rekening Bank melalui pergantian SIM Card dan isu-isu terkait data pribadi" di Kantor kementerian Kominfo (22/01/2020).
Konferensi Pers "Pembobolan Rekening Bank melalui pergantian SIM Card dan isu-isu terkait data pribadi" di Kantor kementerian Kominfo (22/01/2020). Jitunews/Nurman

BRTI juga akan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan data atau identitas nasabah layanan keuangan yg melekat pada nomor seluler. Koordinasi ini dilakukan untuk dapat mengantisipasi celah-celah prosedur keamanan yang ada jika dikaitkan dengan layanan keuangan.

BRTI akan terus menggandeng penyelenggara seluler dan instansi terkait seperti OJK melakukan literasi kepada masyarakat agar masyarakat selalu berhati-hati menjaga data pribadi termasuk data untuk layanan perbankan dan keuangan lain yang tersimpan pada perangkat seluler maupun tersimpan pada pihak lain secara online. Hal ini dimaksudkan untuk mempersempit ruang gerak tindakan penggantian kartu seluler tanpa hak dan/atau melawan hukum.

Sebagai langkah preventif haruslah diperhatikan adalah SOP penggantian SIM card yang diterapkan oleh para operator seluler sudah baik, ketat dan diimplementasikan dengan benar. Jika SOP sudah dilakukan dengan baik oleh para operator seluler, tentunya akan mengurangi celah tindakan penggantian SIM card tanpa hak.


DPR Usul Fungsi Pengawasan Jasa Keuangan Dikembalikan ke BI, OJK Dibubarkan?

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Marwan O Baasir mengungkapkan pihaknya yakin masing-masing operator sudah memiliki SOP dalam penanganan penggantian kartu. Dia juga mengungkapkan bahwa perusahaan anggota ATSI telah memiliki sertifikasi ISO 27001, maka SOP tersebut pasti sudah mencakup aspek keamanan, kerahasiaan dan proses verifikasi yang akuntabel.

“ATSI akan terus mengingatkan agar semua operator anggota ATSI melakukan pengawasan ketat atas seluruh garda depan yang melayani pelanggan untuk selalu melaksanakan SOP yang berlaku di perusahaan,” ungkap Marwan.

DPR Usul Agar OJK Dibubarkan, Begini Tanggapan Ketua Dewan Komisioner OJK

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata