logo


Langkah BUMN Selamatkan Keuangan Jiwasraya, Salah Satunya Membuat...

Simak ulasan selengkapnya

22 Januari 2020 18:00 WIB

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso Doc Jitu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuat anak usaha Lotus Putra untuk menyelamatkan kondisi keuangan Jiwasraya.

“Jiwasraya sebagai mana rencana yang disampaikan oleh pemilik dan pengurus dalam hal ini Kementerian BUMN sudah kita setujui membuat anak perusahaan namanya Lotus Putra,” ujar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Wimboh mengatakan Lotus Putra ini nantinya akan meng-handle asuransi di beberapa BUMN.


DPR Bentuk Panja untuk Selesaikan Masalah Jiwasraya, Begini Tanggapan Istana

“Lotus ini diberikan hak untuk meng-handle asuransi beberapa BUMN. Ini jangka waktu tertentu dan anak perusahaan ini nantinya akan diambil atau atau dibeli oleh investor lagi yang sekarang dalam proses itu,” kata Wimboh.

“Kita harapkan bisa men-generate sejumlah uang tertentu, angkanya tergantung negosiasi sekitar bisa diatas Rp3 triliun tergantung negosiasi dan proses ini sedang berjalan dan kita harapkan bisa dapat cashflow,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Kementerian BUMN dalam menyelamatkan Jiwasraya juga akan dibentuk holding asuransi BUMN.

Menurutnya holding asuransi BUMN ini sedang dalam proses pembentukan. “Kedua akan membentuk holding, nah ini detailnya kita masih nunggu bagaimana dari perkembangan proses ini,” kata Wimboh.

“Kedepan itu masih ada beberapa hal yang disiapkan tapi tentunya belum disampaikan, kalau holding-nya sudah tapi mekanismenya belum,” pungkasnya.

 

Beredar Laporan Keuangan Jiwasraya, MTN Hanson Lunas

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma