logo


Didesak Demokrat Bentuk Pansus Jiwasraya, DPR: Memangnya SBY yang Berkuasa?

Desmond menilai SBY tak berhak mendesak DPR untuk membentuk panitia khusus dalam menangani kasus Jiwasraya

21 Januari 2020 15:30 WIB

wikimedia commons

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi III atau Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat Desmond J. Mahesa menolak desakan Demokrat untuk membentuk panitia khusus (pansus) dalam penanganan kasus Jiwasraya.

Sikap penolakan itu digalakkan terhadap satu alasan, yakni jika pembentukan pansus hanya didasarkan pada ketidaksukaan Pimpinan Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merasa disangkutpautkan dalam kasus tersebut.

"Memangnya SBY yang berkuasa? SBY mau happy terus ya negara ini milik dia. Kalau semua dipenuhi selera SBY, ya rusak negara ini," kata Desmond di DPR, dikutip dari Tempo pada Selasa (21/1).


Dituding Sebagai Dalang Kegagalan Jiwasraya, SBY Merasa Terganggu dan Tidak Happy

Lebih lanjut, Desmond menyarankan SBY sebaiknya menggugat Jokowi apabila tak berkenan dikaitkan dengan persoalan Jiwasraya di masa jabatannya sebagai presiden.

"Urusan dia dengan Jokowi kok, bukan dengan kami di DPR dari Gerindra. Kalau dia tidak suka, bilang saja pencemaran nama baik, gugat saja Pak Jokowi, bukan masuk ke wilayah politik di DPR," jelas Desmond.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam sejumlah kesempatan mengatakan kasus Jiwasraya sudah terjadi sejak 2006, yaitu masa ketika Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat.

Demokrat Ngotot Pansus Jiwasraya, Politikus Gerindra: Emang Negara Ini Milik SBY?

Halaman: 
Penulis : Iskandar