logo


Minta Kominfo Blokir Sejumlah Konten Netflix, YLKI: Seharusnya Netflix Menghormati Norma-norma di Indonesia

YLKI merasa khawatir dengan peredaran konten negatif yang dimuat oleh Netflix

21 Januari 2020 11:45 WIB

Netflix
Netflix Slickdeals

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) agar memblokir sejumlah konten ada di Netflix.

Konten yang dimaksud adalah pornografi, SARA, hingga Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender (LGBT) dan melanggar norma kesusilaan.

Pengurus Harian YLKI Sudaryatmo menyebut Kemenkominfo sebagai pihak yang paling berwewenang untuk melakukan pemblokiran tersebut.


Konten Netflix Masih Diluar Jangkauan Pengawasan KPI

"Kewenangan take down ada di Kominfo. Seharusnya tanpa perlu menunggu laporan dari masyarakat, Kominfo wajib melakukan monitoring. Kalau itu bertentangan minimal menegur atau bisa take down Netflix. Jadi ancaman take down itu bisa memperkuat posisi tawar Indonesia," kata Sudaryatmo dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (20/1).

Sudaryatmo juga mengimbau kepada masyarakat agar aktif melaporkan konten yang tidak sesuai dengan norma-norma di Indonesia.

"Seperti di Arab Saudi, siaran televisi dari Prancis menyesuaikan dengan norma yang berlaku di Arab Saudi. Seharusnya Netflix menghormati norma-norma di Indonesia," tukasnya.

Menkominfo Sebut Kisruh TVRI Sudah Biasa Terjadi

Halaman: 
Penulis : Iskandar