logo


PM Kanada Desak Iran Serahkan Black Box Pesawat Ukraina kepada Perancis

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mendesak Iran untuk segera menyerahkan black box pesawat maskapai Ukraina ke Prancis untuk dilakukan analisa.

18 Januari 2020 18:00 WIB

detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mendesak Iran untuk segera menyerahkan black box pesawat maskapai Ukraina ke Prancis untuk dilakukan analisa. Diketahui, pesawat tersebut jatuh lantaran tertembak rudal milik Iran.

Trudeau menilai Prancis memiliki laboratorium yang mampu membaca rekaman kotak hitam dengan baik dan cepat.

"Iran tidak memiliki keahlian teknis dan peralatan untuk menganalisis kotak hitam yang rusak ini dengan cepat," kata Trudeau dalam konferensi pers, Jumat (17,1) seperti dikutip dari AFP.


Setelah AS, Kini Giliran Hubungan Iran dan Uni Eropa Memanas

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Ukraina Vadym Prystaiko mengatakan bahwa Iran berencana untuk segera menyerahkan kotak hitam itu ke negaranya.

"Setelah itu, pihak Iran siap untuk mengirim kotak hitam ke Ukraina," katanya.

Pesawat Ukraine International Airlines itu jatuh pada pekan lalu di wilayah Iran dan menewaskan seluruh penumpang dan awak dengan total 176 korban jiwa. Diantara 176 korban jiwa, terdapat 57 warga negara Kanada, 11 warga negara Ukraina, 17 warga negara Swedia.

Insiden tersebut terjadi saat Iran tengah bersiap membalas serangan udara AS, dimana pasukan Garda Revolusi Iran tidak sengaja menembak jatuh pesawat komersiil tersebut.

 

Donald Trump Ingatkan Khamenei untuk Jaga Mulut

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia