logo


Selama 2019, Jokowi Telah Menerima 6,2 Juta Petisi

Presiden Jokowi memperoleh 6,2 juta petisi dari berbagai isu yang menarik perhatian warganet

18 Januari 2020 12:30 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima petisi sebanyak 6.259.598 selama 2019. Jumlah tersebut berdasarkan data yang tercakup di situs petisi online change.org.

Dari angka itu pula, Presiden Jokowi sekaligus mengukuhkan diri sebagai target yang paling banyak menerima petisi.

Direktur Kemitraan change.org Indonesia, Desmarita Murni menyebut Presiden Jokowi mendapatkan petisi dalam beberapa isu yang banyak mengundang perhatian warganet.


Kerjaan Banyak, Jokowi Janji Enggak Ikut Kampanye Gibran

Menurut Desmarita, salah satu isu yang menggiring Jokowi untuk diganjar petisi yakni, tagar #ReformasiDikorupsi dan Tolak Revisi UU KPK yang ramai pada awal November lalu.

"Sepanjang 2019, target petisi dari para pengguna platform change.org masih banyak ditujukan kepada pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo yang menempati urutan pertama," jelas Desmarita dalam keterangan tertulis, Jumat (17/1).

Jokowi, dalam isu Tolak RKUHP, sudah menerima petisi total 2,3 juta dalam waktu lima hari saja. Sementara perolehan angka itu didapatkan hanya beberapa waktu sebelum aksi protes mahasiswa akhir September 2019.

Selain itu, beberapa isu lainnya yang ditujukan kepada Jokowi yakni, isu "Pecat PNS yang Terbukti Korupsi" dengan jumlah petisi hingga 1,2 juta, dan "Hukum Penembak Orangutan Hope" dengan 1 juta petisi.

Adapun empat pihak yang berada di bawah Jokowi sebagai penerima target petisi terbanyak adalah Polda Kalbar dengan 3 juta petisi, Polri dengan 1,2 juta petisi, dan Bank China 1,2 juta petisi. DPR berada di posisi kelima dengan 1,1 juta, di atas Menteri LHK 1,1 juta.

Tanggapi Pernyataan Rocky Gerung, Jokowi: Setiap Hari Istana Juga Didemo

Halaman: 
Penulis : Iskandar