logo


Stop! Memakai Makeup di Waktu Ini Justru Berbahaya Lo

Waktu yang tidak disarankan untuk memakai makeup

18 Januari 2020 06:00 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. alodokter.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Banyak wanita menggunakan make up agar mereka lebih cantik dan percaya diri. Namun ternyata menggunakan makeup tidak boleh sembarangan lo. Dermatologis asal Amerika Serikat, dr. Paul Jarrod Frank menyatakan bahwa menggunakan make up di waktu-waktu tertentu dapat membuat wajah iritasi, pori-pori membesar, dan kulit sulit bernafas.

Yuk kita simak waktu-waktu yang tidak dianjurkan untuk memakai make up.

1. Setelah perawatan micro-needling


Wajib Tahu! 3 Minuman Ini Bisa Hilangkan Jerawatmu

Micro-needling adalah perawatan kecantikan dengan menggunakan jarum untuk merangsang pertumbuhan kolagen. Perwatan ini dilakukan untuk menghilangkan kerutan di wajah, sehingga wajah menjadi halus.

"Setelah micro-needling, secara teknis akan ada luka terbuka pada kulit selama beberapa jam. Saya sarankan kepada pasien untuk tidak menggunakan make up setidaknya hingga 8 jam setelah melakukan prosedur ini agar kulit terhindar dari iritasi," jelas dr. Frank

2. Saat hendak berolahraga

Sebelum berolahraga hendaknya menghapus sisa make up dari wajah. "Jika anda mengeluarkan banyak keringat saat menggunakan make up, make up akan menggumpal bercampur keringat. Hasilnya, pori-pori tersumbat dan timbul jerawat," tambahnya.

3. Ketika sedang muncul jerawat

Menggunakan make saat sedang muncul jerawat justru akan membuat wajah terkontaminasi bakteri. Bakteri penyebab jerawat akan pindah ke kuas makeup sehingga memicu tumbuhnya jerawat lebih banyak. Sebaiknya tunggu jerawat kering, setelah itu baru menggunakan make up.

4. Setelah berenang

Menggunakan make up setelah berenag justru akan membuat kulit menyimpan zat klorin yang ada dalam air. Bila hal tersebut dibiarkan, bisa menimbulkan jerawat dan iritasi wajah. Sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu setelah berenang, baru kemudian memakai make up.

5. Setelah melakukan perawatan laser

Anda tidak disarankan menggunakan make up setelah melakukan perawatan laser. Tunggu satu sampai dua hari selama masa penyembuhan. Pasalnya perwatan laser akan maksimal apabila tidak ada lapisan make up yang menempel pada wajah.

 

 

Jangan Asal Pakai, Yuk Liat Perbedaan Fungsi Foundation, Bedak dan Cushion

Halaman: