logo


Permudah Akses Wisatawan, PUPR Lanjutkan Pembangunan Jalur Lingkar Raja Ampat

PUPR membangun jalur lingkar Raja Ampat sepanjang 342 Km

17 Januari 2020 10:56 WIB

Pembangunan Jalan lingkar Raja Ampat oleh PUPR
Pembangunan Jalan lingkar Raja Ampat oleh PUPR istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan jalur lingkar Raja Ampat, Papua. Jalan sepanjang 342 kilometer ini akan memudahkan akses wisatawan ke tempat lokasi. Oleh karena itu, jalan tersebut diharapakan dapat menunjang perekonomian masyarakat.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.


Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Gelar Pengobatan Keliling di Pedalaman Papua

Jalur Lingkar Raja Ampat memiliki panjang 342 Km terdiri dari 2 ruas, yakni ruas Lingkar Luar Raja Ampat sepanjang 314,39 Km dan ruas Lingkar Waisai sepanjang 27,61 Km. Dari total panjang 342 Km, kondisi Jalan Lingkar Raja Ampat yang sudah teraspal mencapai 37,45 km, agregat sepanjang 97,75 Km, dan sisanya 206,8 km belum terbuka.

Raja Ampat merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dikembangkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Penataan KSPN Raja Ampat dikerjakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur yang telah disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR.

Sebelumnya Kementerian PUPR telah melakukan perbaikan Pelabuhan Waisai di Pulau Waigeo yang merupakan pintu masuk menuju destinasi wisata di Kabupaten Raja Ampat. Selain itu juga telah membangun anak tangga di Bukit Piaynemo, kios suvenir, gardu pandang, rest area, serta tambatan perahu apung dan perahu kayu. Dengan adanya kemudahan akses diharapkan wistawan merasa nyaman.

 

Daftar Lengkap Penerima Penghargaan ICSA Awards 2019, Ketum H2K4: Ini Penghargaan untuk Insan Jasa Konstruksi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati