logo


Ketua DPD Dukung Kebijakan Erick Thohir untuk Lakukan Ini di BUMN

Simak ulasan selengkapnya

16 Januari 2020 18:15 WIB

Erick Thohir
Erick Thohir Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung roadmap yang disusun Menteri BUMN Erick Thohir untuk menata wajah BUMN di Indonesia ke depan.

Dia berharap roadmap yang disusun Erick Thohir mampu mewujudkan kejayaan BUMN untuk menjadi pemain global dan mengikuti tender pekerjaan di luar negeri.

“Sehingga memasok devisa negara. Seperti sudah pernah dilakukan PT Pindad, PT PAL Indonesia, PT Inka, PT Dirgantara Indonesia dan lainnya,” ujar LaNyalla usai menemui Menteri BUMN Erick Thohir di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).


Terkait Kasus Jiwasraya, Erick Thohir Sebut Banyak yang Siap Masuk Penjara, Tapi...

Ketua DPD juga menyampaikan beberapa catatan PD atas serapan aspirasi dan pengaduan dari kalangan dunia usaha terhadap BUMN yang dirasa menguasai dan mempersempit ruang gerak swasta.

“BUMN yang paling banyak mendapat pengaduan dari kalangan dunia usaha selain Pelindo dan Angkasa Pura, juga dominasi BUMN karya di pekerjaan jasa konstruksi. Salah satu indikatornya banyaknya aduan yang masuk ke DPD, Ombudsman dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Artinya masih terjadi praktek monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat,” tuturnya.

Dia menambahkan ada beberapa asosiasi di sektor pelabuhan seperti INSA, ALFI dan IPERINDO yang pernah mengadukan beberapa persoalan yang mereka alami ke DPD RI. Terutama kurangnya layanan yang diberikan Pelindo kepada swasta yang beraktifitas di lingkup pelabuhan.

“Di Surabaya dikeluhkan tentang pendangkalan alur, sehingga pengusaha galangan kapal kesulitan mendapat pekerjaan kapal skala besar. Ini salah satu contoh saja,” pungkasnya.

Buntut Kasus Jiwasraya dan Asabri, Erick Thohir Beri Wejangan PT Jasa Raharja

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma
 
×
×