logo


Polemik Indonesia-China Soal Natuna, Inggris Beri Tanggapan

Beberapa waktu lalu hubungan Indonesia dan China sempat memanas terkait permasalahan di perairan Natuna

16 Januari 2020 08:45 WIB

Laut Natuna
Laut Natuna Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beberapa waktu lalu hubungan Indonesia dan China sempat memanas terkait permasalahan di perairan Natuna. Kejadian tersebut mendapat tanggapan dari Inggris.

Melalui Menteri Inggris untuk Asia Pasifik, Heather Wheeler, mengatakan bahwa pentingnya setiap negara berpegang pada hukum tentang kelautan.

"Kami percaya bahwa setiap orang harus berpegang pada hukum tentang kelautan," kata Heather Wheeler di Kedutaan Besar Inggris, Rabu (15/1/).


Hari Ini Mahfud MD ke Natuna, Kapal China Masuk Lagi?

"Dan bahwa kami mengharapkan setiap orang menggunakan semua mekanisme hukum yang sesuai dan yang seharusnya tidak menjadi masalah. Tetapi itu harus dilakukan melalui mekanisme hukum dan melalui pengaturan itu," tambahnya.

Seperti diketahui, kapal pencari ikan dan coast guard milik China masuk ke kawasan perairan Natuna. Selain itu China juga sempat mengklaim bahwa Laut Natuna adalah teritorialnya.

Berdasarkan Konvensi United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982, Natuna masuk dalam ZEE Indonesia. Indonesia kemudian melayangkan protes kepada China.

Kebijakan di Era Susi Dinilai Menghambat, Luhut: Kita Akan Evaluasi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata