logo


6 Manfaat Konsumsi Alpukat, Satu Diantaranya Bisa Ngilangin Stres

Manfaat mengkonsumsi alpukat

15 Januari 2020 13:38 WIB

Buah Alpukat Mentega Miki/Foto: Ist
Buah Alpukat Mentega Miki/Foto: Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Buah alpukat banyak digemari masyarakat. Selain rasanya yang nikmat dan daging buahnya tebal, alpukat mempunyai banyak manfaat kesehatan. Apa saja manfaat mengkonsumsi buah alpukat utuk tubuh? Yuk kita simak.

1. Meningkatkan rasa kenyang

Dilansir dari Health, alpukat mengandung 22 gram lemak tak jenuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi alpukat bisa menunda rasa lapar hingga lima jam.


Hati-hati! Salah Mengolah Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Racun

2. Menurunkan berat badan

Alpukat mengandung lemak nabati yang baik bagi tubuh. Lemak nabati menyiadakan antioksidan dan melawan peradangan. Keduanya erat dikaitkan dengan manjemen penurunan berat badan. Selain itu, mengkonsumi lemak yang tepat juga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan, dan mengkonsumsi alpukat adalah salah satu cara menikmati lemak yang baik.

3. Pemacu Nutrisi

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi alpukat dengan wortel dan tomat akan membantu meningkatkan penyerapan vitamin A pada sayuran. Vitamin A tersebut merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh.

4. Mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula

Mengkonsumsi alpukat dapat membantu risiko pengembangan degenerasi masula karena faktor usia. Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin yang memberikan perlindungan antioksidan sehingga dapat mencegah timbulnya kerusakan, termasuk sinar ultraviolet.

5. Mencegah osteoporosis

Alpukat mengandung 25 % vitamin K  yang bagus untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dapat meningkatan penyerapan kalsium. Selain itu juga mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

6. Menurunkan risiko stres atau depresi

Kandungan folat yang tinggi pada buah alpukat dapat mengurangi resiko depresi. Kandungan dalam buah alpukat ini dapat membantu mencegah penumpukan homocysteine. Homocysteine merupakan zat yang mengganggu sirkulasi pengiriman nutrisi ke otak. Kandungan homocysteine dapat mengganggu suasana hati, seperti susah tidur, nafsu makan berkurang dan stres.

Taruh Bawang Putih di Bawah Bantal, Ini yang Kamu Rasakan

Halaman: 
 
×
×