logo


Strategi Cerdas Atur Keuangan Pribadi dengan Manfaatkan Diskon

Kelola keuangan dengan memanfaatkan diskon

15 Januari 2020 10:08 WIB

Bijak dalam manfaatkan diskon
Bijak dalam manfaatkan diskon
dibaca 462 x

Momentum Diskon atau Sale adalah salah satu hal yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia dan menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu, terutama kaum hawa. Dengan membeli barang-barang dengan harga yang lebih murah (diskon), pembeli tentunya memiliki kepuasan tersendiri atas barang yang dibelinya. Fenomena diskon kian memuncak pada setiap akhir bulan. Namun biasanya fenomena ini akan berpuncak pada  kelak. Namun, tidak ada salahnya kan kita menyiapkan diri sejak dini? Kegiatan diskon akhir bulan maupun, diadakan dalam berbagai bentuk dan di berbagai lokasi dan gerai, ada beberapa toko yang mengadakan diskon setiap akhir bulan, ada pula yang mengadakan diskon setiap hari sepanjang tahun. Jadi, kita harus pandai-pandai mencari informasi tentang diskon yang sedang berlangsung ya! Dengan mengikuti media sosial khusus informasi diskon, seperti di Instagram, kita bisa mendapatkan informasi terkini tentang diskon yang sedang berlangsung.

Dalam menghadapi godaan diskon akhir bulan yang cukup menarik ini, tentunya konsumen (dalam hal ini masyarakat) perlu memiliki strategi cerdas dalam memanfaatkan momen ini dengan baik. Pasalnya, jika momen diskon ini tidak disikapi dengan bijak, dikhawatirkan akan menyebabkan tindakan yang mengarah ke pemborosan. Godaan diskon yang begitu besar tidak menutup kemungkinan terutama bagi kaum perempuan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, dan hal ini tentunya bukan kabar baik bagi kesehatan tabungan pribadi. Maka, agar belanja ini dapat berjalan baik dan tepat sasaran, berikut adalah lima strategi bijak memanfaatkan diskon akhir bulan dengan baik dan tepat :

1. Buat daftar keperluan penting di tahun mendatang, jangan lupa buat skala prioritasnya juga.


Strategi Millenials Mengelola Keuangan Pribadi

Membuat daftar items yang kita perlukan sangat penting agar kita dapat berfokus pada apa yang benar-benar kita perlukan saja. Hal ini juga dapat menghindari pemborosan dengan membeli barang-barang yang tidak perlu. Setelah membuat daftar items yang kita perlukan, tidak ada salahnya kita membuat skala prioritas daftar barang tersebut. Skala prioritas membantu kita untuk menentukan items mana saja yang lebih mendesak harus dibeli terlebih dahulu dan mana saja items yang pembeliannya dapat ditunda, terutama jika dana yang kita miliki terbatas.

2. Cari info brand ataupun gerai mana saja yang menjual barang-barang yang kita perlukan, bandingkan mana yang diskonnya paling menguntungkan.

Setelah mengetahui daftar dan skala prioritas barang yang akan kita beli, kita dapat mencari info gerai mana saja di lokasi sekitar kita yang menjual barang-barang kebutuhan kita tersebut. Tujuannya adalah agar kita dapat membandingkan diskon di gerai-gerai tersebut, baik dari segi harga maupun kualitas, mana yang paling menguntungkan bagi kita. Barang yang paling menguntungkan disini tidak selalu berarti diskon nya lebih tinggi, namun value dari barang tersebut dilihat dari segi kualitas dan harga, mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan dompet kita.

3. Cari info mengenai pengalaman diskon tahun sebelumnya serta syarat dan ketentuan diskon barang yang akan kita beli pada gerai yang telah kita tentukan.

Jika kita belum pernah berbelanja pada gerai yang telah kita tentukan sebelumnya, terutama pada saat momentum diskon ini, tidak ada salahnya kita mencari info mengenai syarat dan ketentuan diskon di gerai tersebut serta bagaimana diskon di gerai tersebut berjalan sebelumnya agar kita memiliki informasi yang cukup mengenai tanggal dan waktu diskon serta jenis pembayaran apa saja yang dapat digunakan. Selain itu dengan mencari info diskon di tahun sebelumnya, kita juga dapat menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk datang sehingga kita dapat memburu barang keinginan kita dengan lancar dan tidak perlu berdesak-desakan.

4. Lakukan survey keadaan dan lokasi diskon.

Bagi kita yang tujuan gerai diskonnya cukup dekat, tentunya lebih baik jika kita melakukan survey gerai yang akan kita tuju tersebut. Kita juga dapat bertanya-tanya kepada penjual mengenai ketersediaan item yang akan kita buru, serta lokasi persis item tersebut. Sehingga pada saat hari dan waktu diskon, kita dapat dengan cepat mendapatkan barang-barang yang ingin kita beli.

5. Usahakan hanya membawa uang cash sejumlah kurang lebih yang kita perlukan ketika berburu diskon.

Jika tidak ada insentif lebih ketika kita menggunakan metode pembayaran lain, ada baiknya kita hanya membawa uang cash di dalam dompet, sehingga karena uang yang kita bawa terbatas, kita dapat lebih menahan diri untuk membeli barang-barang lain di luar daftar keperluan kita. Pasalnya, jika kita menggunakan kartu kredit/debit, tentunya hasrat kita untuk berbelanja lebih banyak pun juga pasti akan tidak terbendung.

Ditulis oleh: Julaika Putri R

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tips Kelola Uang THR Agar Tidak Habis

Halaman: 
Admin : Trisna Susilowati