logo


Terkait Kasus Suap, KPK Pastikan Terus Kejar Eks Caleg PDIP Harun Masiku

KPK akan tetap melakukan pengejaran terhadap eks Caleg dari PDIP Harun Masiku sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

14 Januari 2020 16:51 WIB

Ketua KPK Firli Bahuri
Ketua KPK Firli Bahuri Dok. Jitunews/Khairul

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengatakan bahwa KPK akan tetap melakukan pengejaran terhadap eks calon legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terhadap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

“Tetapi yang pasti selaku penyidik, selaku petugas pemberantasan tindak korupsi dari KPK. Kita tak akan pernah berhenti mencari seseorang tersangka karena sebenarnya tersangka adalah seseorang yang karena perbuatannya dan atau keadaannya berdasarkan bukti permulaan yang cukup patut diduga sebagai pelaku tindak pidana,” ujar Firli di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dalam hal ini, Firli mengatakan bahwa Harun Masiku sejak tanggal 6 Januari 2020 telah meninggalkan Indonesia. Menurutnya informasi tersebut didapatkan dari Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham).


Dua OTT KPK Berturut-turut, DPR Sebut Itu Bukti Tidak Ada Upaya Pelemahan KPK

“Kita sudah dapat informasi dari Kemenkumham karena memang direktoran jenderal imigrasi yang memang memiliki kewenangan yang memiliki informasi lengkap tentang keberadaan seseorang dengan basis perlintasan batas orang masuk dan keluarnya Indonesia,” kata Firli.

“Dan kemaren waktu kami datang ke Kumham disampaikan oleh pihak kumham bahwa saudara tersangka HM itu sejak tanggal 6 Januri 2020 meninggalkan tempat wilayah Indonesia, itu yang disampaikan oleh Kumham,” tuturnya.

Dalam hal ini, Firli mengatakan bahwa KPK akan meminta bantuan kepada Polri untuk mencari Harun Masiku.

“Kita berkordinasi dengan Polri karena Polri miliki jaringan yang cukup luas baik itu menggunakan jalur senio liasion officer yang ada di luar negeri dan kita minta bantuan kepada polri karena beberapa waktu pengalaman kita tahu persis ada beberapa tersangka yang keluar negeri juga itu kita minta bantuan kepada polri,” pungkasnya.

Penyelesaian Kasus Jiwasraya, Ketua KPK: Sudah Ditangani oleh Kejaksaan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia