logo


Resmi! Penghapusan Eselon 3 dan 4 Diberlakukan Tahun Ini, Ini Penjelasannya

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo akan melakukan sosialisasi terkait pemangkasan eselon 3 dan 4 kepada pihak yang bersangkutan

14 Januari 2020 16:30 WIB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo Dok. Jitunews/Nurman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pelantikan kabinet Indonesia maju beberapa waktu lalu yang menginginkan penyederhanaan birokrasi dengan menghapus eselon 3 dan 4, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menegaskan peta jalan terkait hal tersebut sudah selesai dan segera akan melakukan sosialisasi ini kepada pihak terkait.

"Besok kami akan mengundang semua Sekda Provinsi, Kota, Kabupaten karena  roadmap untuk menjadikan fungsional eselon 3 dan 4 selesai," ujar Tjahjo di kantor Sekretariat Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (14/04).

Untuk merealisasikan hal tersebut, Tjahjo juga akan mengundang pihak-pihak yang berkepentingan seperti mengundang seluruh Sekretariat Jenderal dan Sekretaris Menteri lembaga dan kementerian. Dirinya menargetkan tahun ini hal tersebut akan diimplementasikan di seluruh kementerian, lembaga sampai tingkat daerah.


Dugaan Dinasti Politik Gubernur Riau, Tjahjo: Jangan Ada KKN

"Satu tahun inilah yang nantinya kita harapkan baik Kementerian, Lembaga termasuk Daerah untuk segera melaksanakan apa yang menjadi arahan Bapak Presiden (penyederhanaan eselon)," ungkapnya.

Bukan hanya soal penyederhanaan jabatan eselon saja tapi juga dia menegaskan soal tunjangan kinerja daerah segera akan disesuaikan dan diseragamkan.

"Termasuk tahun ke depan Tunkir (Tunjangan Kinerja) disesuaikan karena ada daerah yang tunkirnya 500 ribu ada juga yang satu juta supaya adil termasuk pensiunannya," pungkasnya.

Temui ASN Berprestasi, Wapres: Semoga Bisa Jadi Teladan

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Iskandar