logo


Dugaan Dinasti Politik Gubernur Riau, Tjahjo: Jangan Ada KKN

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo telah memperingatkan kepada Gubernur Riau Syamsuar agar menaati aturan yang yang berlaku terkait anggota keluarga yang menjabat di pemerintahan

14 Januari 2020 14:19 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo buka suara terkait pelantikan anggota keluarga Gubernur Riau Syamsuar yang menjabat eselon di Pemprov Riau.

Tjahjo mengatakan telah memperingatkan Syamsuar saat pertemuan keduanya berlangsung. Ia meminta agar aturan yang berlaku tetap dijalankan sebaik-baiknya.

"Saya sampaikan jangan ada KKN. Semua ikuti mekanisme dengan baik. Jenjangnya harus diikuti. Kepangkatannya juga jangan dikatrol. Usianya juga jangan yang mau pensiun terus dinaikkan. Pangkat sesuai aturan," kata Tjahjo di kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, dilansir dari detikcom, Selasa (14/1).


Absen Rakernas PDIP, FX Rudy Ngaku Dikasih Wejangan Megawati

Kendati demikian, Tjahjo menyebut Syamsuar sudah menaati kebijakan yang diberlakukan dan atas sepengetahuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Ya menyampaikan secara keseluruhan proses pergantian pimpinan pejabat di daerah semua sudah sesuai aturan, sudah seizin Pak Mendagri, kemudian dalam proses rekrutmennya, termasuk juga tesnya, juga melibatkan PAN-RB, melibatkan KASN," ujarnya.

"Secara prinsip arahan saya ASN (aparatur sipil negara) ini kan jangan dilihat dia anak siapa, dia bapaknya siapa, tapi sesuai dengan kapasitas. Kalau toh sesuai mekanisme dan pergantiannya sudah seizin Kemendagri, kemudian dari ASN yang salah satu yang bisa memilih, saya kira nggak ada masalah," tambah dia.

Terkait Aksi Bela Anies Baswedan, Pendukung Pilih Tuliskan Nama "Anis" Daripada "Anies"

Halaman: 
Penulis : Iskandar