logo


Keren! Dosen UMM Berhasil Ciptakan Drone Petani, Ini Fungsinya

Wahono berhasil menciptakan 3 jenis drone untuk aktivitas pertanian. 

14 Januari 2020 10:30 WIB

Petani
Petani kumparan

MALANG, JITUNEWS.COM - Dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang, Wahono, menciptakan drone untuk aktivitas pertanian.

Wahono menciptakan tiga drone yang bisa dipakai untuk menyemprotkan pupuk dan pestisida.

“Drone pertama bernama Motodoro MX, berjenis Flying Wing, sekali terbang bisa memetakan sekitar 700 hektare,” kata Wahono seperti dilansir dari Antara, Selasa (14/1).


Berikan Bantuan Alsintan, Komisi IV Berharap Produksi Meningkat

Wahono mengatakan bahwa drone kedua berkemampuan terbang serta landing vertikal dan bisa menjangkau 400-500 hektare. Motodoro MX dan Farm Mapper dapat memetakan tanaman yang membutuhkan pupuk serta pestisida. Perbedaannya terletak pada cara terbang landas dan mendarat.

Drone ketiga bernama Spraying Robot Indonesia (SRI) berkemampuan menyemprotkan pupuk dan pestisida. Wahono mengatakan bahwa SRI bisa menjangkau lahan 10 hektare dalam satu jam dan mengangkut 23 liter cairan pupuk atau pestisida.

SRI juga bisa memindai tanaman sehingga bisa membedakan mana tanaman yang sehat dan berpenyakit. Wahono menyebut SRI memiliki sensor yang presisi dan lebih akurat.

Ia berharap dengan ketiga drone tersebut bisa mengembangkan model pertanian dan juga mengefisiensi biaya.

“Lewat model pertanian ini kita bisa meningkatkan produktivitas tanaman serta mengefisiensi biaya,” ucap Wahono.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, mengapreasiasi drone petani ciptaan Wahono tersebut. Menurutnya, drone tersebut sudah layak untuk didiseminasikan ke masyarakat dan harus segera dipatenkan.

“Saya sangat senang dengan penemuan itu. [Penemuan itu] bisa diadopsi oleh para petani, karena kecepatannya bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan tenaga manual,” kata Muhadjir.

Rayakan Natal Bersama ASN, Mentan Ajak Jadi Pelopor Pembangunan Pertanian

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×