logo


KPK Gagal Geledah Kantor PDIP, DPR: Hari Ini UU KPK Dilemahkan

Desmond J Mahesa mengkritik kegagalan KPK dalam penggeledahan di kantor DPP PDIP. Menurutnya, hal tersebut merupakan produk pelemahan lembaga antirasuah

13 Januari 2020 15:45 WIB

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmon J Mahesa
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmon J Mahesa Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gagal menggeledah kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-Perjuangan pada Senin (13/1). KPK mengumumkan akan kembali melakukan penggeledahan kantor DPP PDIP pada pekan depan.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahessa menyebut hal itu merupakan tindakan omong kosong. Pasalnya dalam hukum acara, penggeledahan itu tidak diumumkan.

“Dalam konteks hukum acara, penggeledahan itu kan harusnya tidak diumumkan. Tujuan penggeledahan itu agar barang bukti tidak dihilangkan. Tapi kalau diumumkan seminggu kemudian digeledah, itu namanya omong kosong,” ujar Desmon di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (13/1/2020).


Sebut Partainya Buka Ruang bagi Gibran, Hasto: Apalagi Banyak Pimpinan Muda dari PDIP yang Berhasil

Sulitnya KPK mengeledah kantor DPP PDI Perjuangan disebut Desmon sebagai bentuk pelemahan terhadap UU KPK.

“Hari ini UU KPK dilemahkan. Apa yang terjadi hari ini membuktikan bahwa KPK dilemahkan. Maka fraksi partai gerindra menolak kan. Menolak Dewan Pengawas (Dewas) KPK seperti ini,” kata Desmon.

“Jadi kalau ada pelemahan, produk pelemahan ya terjadi hari ini. Tinggal pemerintah merespons ini. Maka tuntutan Perppu yang berkaitan dengan pelemahan ini dalam rangka memperkuat saya pikir kita respons dengan baik,” pungkasnya.

Singgung Wacana Jabatan Presiden 3 Periode, Mardani: Hati-hati Jebakan Seperti Ini

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Iskandar