logo


Rakyat Iran Demo Soal Jatuhnya Pesawat Ukraina, Donald Trump Beri Dukungan

Ratusan mahasiswa yang berkumpul di pusat kota Teheran, Iran, untuk memberikan penghormatan kepada 176 korban pesawat Ukraina dan melontarkan kritikan

12 Januari 2020 08:18 WIB

Donald Trump
Donald Trump Business Insider

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Ada ratusan mahasiswa yang berkumpul di pusat kota Teheran, Iran, untuk memberikan penghormatan kepada 176 korban pesawat Ukraina. Mereka juga melontarkan kritikan atas penembakan tersebut.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendukung apa yang dilakukan masyarakat Iran tersebut. Hal tersebut disampaikan Trump melalui akun Twitternya.

"Kepada orang-orang Iran yang pemberani dan menderita: Saya telah mendukung Anda sejak awal kepresidenan saya dan pemerintah saya akan terus mendukung Anda. Kami mengikuti protes Anda dengan cermat. Keberanianmu menginspirasi," seperti dilansir dari @realDonaldTrump, Minggu (12/1).


Ketegangan AS-Iran Pengaruhi Ekonomi RI? Begini Penjelasan BI

Trump mencuitkan tentang dukungannya tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris dan juga memakai aksara Persia.

"Pemerintah Iran harus mengizinkan kelompok-kelompok hak asasi manusia untuk memantau dan melaporkan fakta-fakta dari lapangan mengenai protes yang sedang berlangsung oleh rakyat Iran. Tidak akan ada lagi pembantaian demonstran damai, atau penghentian internet. Dunia menyaksikan," cuit Trump.

Dikutip dari Detikcom yang melansir AFP, aksi demonstrasi dibubarkan oleh polisi Iran setelah berubah menjadi kemarahan. Para mahasiswa mengecam 'pembohong' dan juga menuntut pengunduran diri serta tanggung jawab atas jatuhnya pesawat.

Seperti diketahui, Iran mengaku tidak sengaja menembak jatuh pesawat Ukraina. Akibatnya, 176 orang dalam pesawat tewas, kebanyakan dari Iran dan Kanada.

Presiden Ukraina Tuntut Iran Soal Insiden Pesawat Jatuh

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata