logo


Strategi Menghilangkan Stres di Kantor Versi Kaum Milenial

Stres merupakan hal yang sangat sering dialami oleh kaum milenial dalam dunia pekerjaan

11 Januari 2020 08:52 WIB

Ilustrasi dampak memiliki pasangan baru pada pekerjaan.
Ilustrasi dampak memiliki pasangan baru pada pekerjaan. brianandfeliciawhite.com
dibaca 557 x

Stres merupakan hal yang sangat sering dialami oleh kaum milenial dalam dunia pekerjaan. Tuntutan pekerjaan yang sangat tinggi dan persaingan yang ketat diantara rekan kerja menjadi salah satu faktor penyebab stres bagi kelompok ini.

Dalam laman The American Institute of Stress, menurut American Psychological Association (APA), orang-orang pada usia 18-33 tahun menderita stres tertinggi di Amerika. Dari studi tersebut,  sebanyak 39% dari dari kaum milenial mengatakan stres yang dialami mereka telah meningkat dari tahun 2018, dibandingkan dengan 36 % dari Gen X dan 37 % dari Gen Baby Boomers.

Perlu dilakukan cara-cara khusus untuk menangani persoalan stres tersebut, karena apabila tidak segera ditangani, hal ini akan berpengaruh kepada penurunan kinerja dan akan mengakibatkan dampak yang lebih buruk kedepannya seperti pemecatan akibat menurunnya tingkat kualitas kinerja. Secara tidak langsung akan menambah tingkat stres yang dialami. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres di kantor ala kaum milenial:


KEK Batam, Strategi Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi

1. Ciptakan Meja Kerjamu Senyaman Mungkin
Memiliki meja kerja yang bersih, rapi dan nyaman akan meningkatkan semangat dalam bekerja. Konsep penataan meja kerja yang sesuai keinginan dan menyenangkan dapat dilakukan dengan mencari inspirasi dari berbagai laman di internet seperti pinterest dan we heart it. Dengan begitu, kita merasa betah untuk duduk berlama-lama di meja kerja.

2. Mencari Udara Segar
Ketika tengah merasa lelah duduk berlama-lama di depan komputer, sesekali perlu mencari udara segar untuk mengembalikan semangat bekerja yakni dengan pergi ke salah satu sudut ruangan terbuka di kantor atau sekedar duduk di taman selama 5-10 menit.

Dikutip dari laman republika.co.id (11/01), dalam laman Sciencealert, sebuah studi mengatakan bahwa dengan melihat banyak pohon akan turut membantu dalam mengurangi tingkat stres.

3. Mencari Video-Video Lucu
Kaum milenial dikenal dengan kaum yang tidak bisa lepas dari gadget. Maka dari itu, gadget juga dapat dijadikan alat untuk dapat menghilangkan stres di kantor. Dengan menonton video-video lucu dan menggelitik dari internet bisa meningkatkan suasana senang, gembira dan kembali semangat bekerja.

4. Bercengkrama dengan Rekan Kerja
Seringnya fokus dengan gadget, kelompok ini menjadi jarang berinteraksi dengan orang yang ada di sekitarnya. Dilansir dalam laman The Balance Careers (10/01), menurut Dawn Rosenberg Mckay, hubungan harmonis di lingkungan kerja dapat membuat kerja lebih menyenangkan.
Membahas isu-isu terkini atau sekedar bersenda gurau dengan rekan kerja, dapat menjadi pengalihan sesaat dari pekerjaan yang sangat melelahkan.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan bagi para kaum milenial agar tidak stres menghadapi berbagai tekanan di tempat kerja. Selamat mencoba!

stress at work

Ditulis oleh: Sofatul Rachma

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Lindungi Industri Dalam Negeri, Strategi Bea Cukai Hadapi Jastip dan Barang Kiriman

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma
 
×
×