logo


Mahfud MD Sebut Setiap Orang Dapat Rp 20 Juta per Bulan Jika Korupsi Dihilangkan

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan setiap orang akan mendapat uang gratis Rp 20 juta per bulan jika korupsi di berbagai bidang seperti pertambangan, kehutanan dan kelautan bisa dihilangkan.

11 Januari 2020 05:30 WIB

Mahfud MD
Mahfud MD Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan setiap orang akan mendapat uang gratis Rp 20 juta per bulan jika korupsi di berbagai bidang seperti pertambangan, kehutanan dan kelautan bisa dihilangkan. Hal itu ia sampaikan pada Perayaan Natal Kebangsaan Korps Brimob di Mako Brimob, Cimanggis, Depok, Jumat (10/1) malam.

"Seumpama korupsi di bidang pertambangan bisa dihapuskan, setiap kepala orang Indonesia mendapat uang gratis dari negara Rp 20 juta tiap bulan. Begitu kayanya. Belum lagi korupsi di bidang lainnya kehutanan kelautan, wah kaya sekali kita ini," kata Mahfud.

Mahfud MD kemudian menyoroti tentang penghapusan jabatan eselon II dan III oleh Presiden Jokowi. Ia mengungkap bahwa salah satu alasan Jokowi adalah faktor tingginya potensi korupsi pada jabatan tersebut.


Ada Isu Korupsi di Asabri, Mahfud MD: Tidak Kalah Fantastisnya Dengan Kasus Jiwasraya

"Kalau Anda bekerja di birokrasi pemerintahan, Anda mau sewenang-wenang, Anda mau mempersulit pelayanan kepada masyarakat, itu akan ditinggal," ujar dia.

"Mungkin Ke depan kalau mau, semua urusan bisa diselesaikan seketika pakai robot. Oleh sebab itu Pak Jokowi kan kemarin mengatakan, 'korupsi itu kan terjadi dari eselon dua (dan) tiga'. Sehingga Pak Jokowi mengatakan, 'udahlah eselon dua dan eselon tiga itu diganti robot'. Oleh karena itu melalui peranan Presiden, menteri menjabat per bidang masing-masing, lalu dirjen yang melaksanakan operasionalnya, (eselon) dua (dan) tiganya menghambat, ganti robot aja," ujar dia.

Jokowi Ingin Ekonomi Indonesia Berdikari, SDA Dikelola Sendiri

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia