logo


Sering Berteriak Pada Anak? Berhentilah dan Ikuti Tips Jitu Ini

Tips agar tidak mudah berteriak pada anak

9 Januari 2020 20:59 WIB

Ilustrasi berteriak
Ilustrasi berteriak nakita

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Sebagai orang tua kadang kita suka berteriak pada anak-anak kita, entah karena sedang marah ataupun karena hal lainnya. Padahal tidak ada orang yang mau diteriaki, termasuk anak kecil. Berteriak bukanlah cara efektif untuk menyampaikan sesuatu pada anak, justru anak akan menjadi tertutup dan apabila sering dilakukan kebiasan berteriak akan dicontoh anak-anak kita.

Namun tidak perlu khawatir mom, dilansir dari Today's Parent berikut tips yang efektif agar kita sebagai orang tua tidak mudah berteriak pada anak.

1. Tetap tenang


Sering Dilakukan! 4 Kesalahan Ibu Milenial dalam Kelola Keuangan Keluarga

Ketika anak kita melakukan hal yang membuat kita marah, tetaplah berusaha tenang. Ambil nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Jangan sampai kita terpancing dengan perilaku anak dengan berteriak. Setelah tenang, cobalah komunikasikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

2. Turunkan ekspektasi

Setiap anak memiliki tumbuh kembang yang berbeda-beda. Sebagai orang tua jangan memaksakan apa yang belum bisa dikerjakan oleh anak. Turunkan ekspektasi agar kita tidak kecewa dan marah apabila anak tidak melakukan apa yang seperti kita harapkan.

3. Percaya pada anak

Tanamkanlah rasa percaya kepada anak. Yakinkan pada anak bahwa ia dapat melakukan suatu hal. Sehingga ketika gagal kita tidak mudah marah dan berteriak pada anak. Contohnya, apabila anak kita belajar naik sepeda cobalah sesekali biarkan anak naik sepeda sendiri. Kita beri dukungan dan semangat, apabila jatuh jangan mudah berteriak pada anak.

 

Lakukan Hal Ini di Pagi Hari, Dijamin Hidupmu Lebih Bahagia

Halaman: