logo


DKI Jakarta Banjir Parah, PDIP Bakal Usung Isu Lingkungan dalam Rakernasnya

PDIP menilai banjir parah yang melanda sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta disebabkan karena ketidaksiapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam perencanaan dan mitigasi

9 Januari 2020 05:54 WIB

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana untuk membawa isu kerusakan lingkungan sebagai tema utama rapat kerja nasional (rakernas) yang rencananya akan diselenggarakan di JiExpo Kemayoran, Jakarta pada 10-12 Januari mendatang. Hal itu disampaikan oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Ia menilai banjir parah yang melanda sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta disebabkan karena ketidaksiapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam perencanaan dan mitigasi.

"Karena itu lah ketika terjadi banjir di Jakarta dan kita melihat aspek-aspek perencanaannya tidak proper, ini adalah ibu kota negara kita dan kemudian kami mengambil inisiatif sesuai dengan arahan Ibu Megawati Soekarnoputri agar Rakernas menaruh perhatian terhadap hal tersebut," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/1) kemarin.


BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi di Indonesia, Anies Baswedan Siapkan Strategi Khusus

Ia menilai isu lingkungan tersebut sangat penting untuk dibahas di dalam rakernas. Ia juga mengungkap bahwa pihaknya akan mengundang pihak BMKG, BNPB dan pakar lingkungan untuk membahas isu tersebut.

Hasto mengungkapkan bahwa nantinya rakernas tersebut bisa saja menghasilkan sebuah Deklarasi Lingkungan oleh PDIP. Ia berharap apa yang dihasilkan dari rakernas tersebut bisa dijadikan oleh kepala daerah maupun pejabat pemerintahan dalam membuat dan mengeluarkan sebuah kebijakan.

"Dengan adanya konsepsi terhadap kebijakan pemerintah yang mengintegrasikan upaya komprehensif untuk merawat lingkungan nanti juga terbuka bagi publik termasuk daerah-daerah yang bukan dari PDIP nanti bisa menerapkan ilmu yang diusung dari PDIP tersebut," kata dia.

Cuaca Ekstrem Bakal Terjadi di Indonesia, Kedubes AS Keluarkan Weather Alert

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia