logo


Fadli Zon: Kita Tak Boleh Didikte oleh China

Persoalan antara Indonesia dengan China di Perairan Natuna tidak boleh berujung di meja perundingan internasional

8 Januari 2020 15:50 WIB

otoritasnews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon angkat suara menanggapi persoalan antara Indonesia dengan China. Diketahui China telah mengklaim memiliki hak di perairan laut Natuna.

Fadli meminta kepada pemerintah Indonesia untuk tidak mau didikte oleh China dalam persoalan tersebut.

“Itu sebabnya jangan sampai dibuka ruang negosiasi sekecil apapun dengan China terkait wilayah perairan tersebut. Kita tak boleh didikte oleh China atau berada di bawah tekanan Cina,” ujar Fadli di Jakarta, Rabu (8/1/202).


Ke Natuna, Ini yang Dilakukan Jokowi

Dalam hal ini, Fadli menekan persoalan antara Indonesia dengan China di Perairan Natuna itu tidak boleh berujung di meja perundingan internasional.

“Saya sepakat dengan pandangan bahwa persoalan perairan Natuna Utara ini memang tak boleh dan tak perlu dibawa ke meja perundingan,” tuturnya.

Fadli menilai tidak ada yang perlu dirundingkan. Menurutnya apabila hal itu tetap dilakukan perundingan maka justru mencederai konsistensi dalam menjaga kedaualatan bangsa.

“Jadi, tak ada yang perlu dirundingkan. Itu mencederai konsistensi kita dalam menjaga kedaulatan Natuna sejauh ini,” sebutnya.

Jokowi Tegaskan Tidak Ada Kapal Asing yang Masuk Wilayah Teritorial Indonesia

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata