logo


Jokowi Tegaskan Tidak Ada Kapal Asing yang Masuk Wilayah Teritorial Indonesia

Berikut pernyataan lengkapnya

8 Januari 2020 15:15 WIB

Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (30/9).
Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (30/9). Dok. Biro Pers Istana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa tidak ada kapal asing yang masuk ke wilayah teritorial Indonesia hingga saat ini.

"Saya tanyakan ke Panglima TNI (Hadi Tjahjanto) ada kapal yang masuk ke wilayah teritorial Indonesia, katanya nggak ada," kata Jokowi seperti dilansir dari Antara, Rabu (8/1).

Jokowi mengatakan bahwa hanya ada kapal asing yang masuk ke ZEE. Apabila ada kapal asing yang mencuri ikan di teritorial Indonesia maka akan diusir.


Mahfud MD Sebut Nelayan Nusantara Siap Ramaikan Perairan Natuna

"Itu lewat semua kapal bisa, tapi hati-hati kalau dia nyuri baru itu diusir atau ditangkap, tapi itu tidak masuk dalam teritorial Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi bertemu dengan sejumlah nelayan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Natuna, Kepulauan Riau. Jokowi menegaskan bahwa tidak ada tawar menawar kedaulatan negara.

"Hari ini saya ingin memastikan dan memberitahukan bahwa Kepulauan Natuna adalah teritorial kita yang masuk dalam NKRI," tegas Jokowi.

"Apalagi yang harus dipertanyakan nggak ada, dan namanya kedaulatan tidak ada tawar menawar untuk kedaulatan kita," kata Jokowi.

Ke Natuna, Ini yang Dilakukan Jokowi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata