logo


Relokasi Nelayan ke Natuna, Mahfud MD Siapkan Pengusaha yang Siap Tampung Ikan Tangkapan

berikut penjelasannya

8 Januari 2020 02:30 WIB

Kapal nelayan
Kapal nelayan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan bahwa pihaknya sedang menyiapkan keberangkatan para nelayan dari Pantai Utara (Pantura) Jawa ke Laut Natuna.

Selain itu, Pemerintah juga sedang mempersiapkan para pengusaha yang siap menampung hasil tangkapan nelayan tersebut.

"Karena kalau ambil ikan di sana terus pulang dulu kan nanti lama. Kita sedang mempersiapkan pengusaha-pengusaha yang akan menampung di sana dan banyak yang sudah daftar Insya Allah kalau sudah jalan itu tidak ada masalah," ujar Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (7/1) kemarin.


Menang Perang

Mahfud MD menyebut bahwa setidaknya 120 nelayan dari Pantura (Jawa) yang siap untuk diberangkatkan ke perairan Natuna untuk menangkap ikan.

"Nelayan yang sudah daftar sudah banyak juga. Kemudian kita mencari juga kapal-kapal lain di seluruh Nusantara banyak nih ternyata sudah mereka dengar pada kirim pesan ke sini kami akan bergabung untuk meramaikan natuna, banyak dari Makassar, Irian, Maluku, semuanya sudah jadi bagus lah," jelas dia.

Untuk saat ini, Pemerintah perlu mempersiapkan ketersediaan pasokan bahan bakar minyak dan pengamanan di wilayah perairan Natuna.

Rencana Luhut Binsar Relokasi Nelayan ke Natuna, Luhut: Harus Punya Pangkalan yang Bagus

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia