logo


Bukan Naturalisasi, Ahli Hidrologi UGM Sebut Sistem Polder Sebagai Langkah Tepat Atasi Banjir

berikut penjelasannya

7 Januari 2020 07:50 WIB

terkini ID

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ahli hidrologi UGM mengusulkan pemerintah untuk menerapkan sistem polder guna mengatasi masalah banjir yang sering melanda Ibu Kota. Sistem tersebut juga sudah diterapkan di Amsterdam yang memiliki kondisi yang hampir sama dengan Jakarta.

Ahli Hidrologi UGM Budi Santoso Wigyosukarto menjelaskan sistem polder merupakan kombinasi tanggul dan pompa yang efektif digunakan di tempat dengan ketinggian di bawah permukaan laut.

"Kalau anda ke Belanda di dekat Amsterdam itu ada hamparan luas polder. Mereka memanfaatkan untuk menurunkan muka air tanah bahkan untuk pertanian," ujar Budi di UGM, Senin (6/1) kemarin.


Anies Sebut Anak-anak Senang Bermain Saat Banjir, KPAI Mengingatkan Soal Ini

"Sistem polder yang penting adalah tanggul yang dibangun memungkinkan untuk menampung air yang jatuh dan terdapat pompa-pompa yang terorganisir untuk membuang air ke luar tanggul," tegas Budi.

Sementara itu pakar hidrologi UGM lainnya, Mohammad Pramono Hadi mencontohkan penggunaan sistem polder di kawasan pemukiman elite Pantai Indah Kapuk. Terbukti dengan mengadopsi sistem itu, Pantai Indah Kapuk yang ketinggiannya berada di bawah permukaan air laut itu tidak terimbas banjir.

"Coba di lihat di sana ada perumahan elit Pantai Indah Kapuk. Itu minus dua meter di bawah muka air laut tapi tidak masalah karena sistem polder. Kalau semua wilayah Jakarta itu sistem polder ya jadi tidak masalah," ucap Pramono.

Pakar UGM Sebut Naturalisasi Sungai Anies Baswedan Tidak Tepat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia