logo


Diklaim Gagal Tangani Banjir Jakarta, Para Warga Bakal Gugat Anies Baswedan

Simak ulasan selengkapnya

5 Januari 2020 14:15 WIB

Anies Baswedan ungkap, ibukota pindah maka sektor pariwisata dan industri perhotelan meningkat
Anies Baswedan ungkap, ibukota pindah maka sektor pariwisata dan industri perhotelan meningkat beritagar.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekelompok warga bergabung dan membentuk tim Advokasi Korban Banjir DKI Jakarta untuk melayangkan gugatan kepada Pemerintah Provinsi Jakarta termasuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan karena dinilai telah gagal menangani banjir yang melanda Jakarta.

"Banjir yang terjadi pada 1 Januari 2020, mengakibatkan hampir seluruh wilayah dan jalan utama di Jakarta tenggelam," ujar tim tersebut, seperti yang dikutip dari CNBC (05/01).

Dalam pernyataan itu, mereka mengatakan bahwa Permprov DKI dan Anies telah lalai mencegah banjir sejak awal sehingga menyebabkan jatuhnya korban dan kerugian materiil.


Anies Baswedan Ajak Masyarakat Kerja Bakti Bersih-bersih Lingkungan

"Banjir besar kali ini diduga kuat adalah akibat ketidakmampuan dan kelalaian Pemprov DKI, Gubernur Anies Baswedan dalam pencegahan dan penanggulangan banjir yang mana juga telah mengakibatkan jatuhnya sejumlah korban jiwa dan kerugian materiil yang sangat besar," katanya dalam siaran pers tersebut.

Tim advokasi ini terdiri dari tiga orang yakni Diarson Lubis, SH, Alvon K. Palma, SH, dan Ridwan Darmawan, SH. Mereka mengatakan bahwa gugatan  ini penting dilakukan agar ada efek jera bagi pemangku kebijakan terkait.

"Beberapa upaya hukum yang dapat ditempuh diantaranya adalah pengajuan gugatan perdata tuntutan ganti rugi bagi para korban banjir melalui mekanisme Class Action," kata mereka lagi.

"Bagi para warga masyarakat yang merasa dirugikan (terdampak langsung maupun tidak langsung) atas bencana banjir besar Jakarta kali ini dapat memberikan data, nama, alamat, no tlp/HP, KTP DKI, rincian dan perkiraan jumlah kerugian, foto-foto bukti kerugian. Email ke: banjirdki2020@gmail.com," tutupnya.

Kunjungi Lokasi Banjir, Menko PMK Serahkan Bantuan

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma