logo


Masalah Laut Natuna, PAN: Dulu Juga Pernah Terjadi

Simak berita selengkapnya

5 Januari 2020 05:45 WIB

Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo.
Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo. Detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sikap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang 'cool' dalam menghadapi masalah klaim China terhadap Laut Natuna, mendapat tanggapan dari berbagai pihak.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo, percaya Prabowo akan bersikap tegas dengan soal kedaulatan NKRI.

"Saya pribadi masih percaya Mas Prabowo konsisten bersikap tegas soal kedaulatan dan integritas wilayah NKRI. Prabowo yang saya kenal itu sangat 'mendarah-daging' ke-NKRI-annya," kata Dradjad kepada wartawan, Sabtu (4/1)


Prabowo Cool Soal Klaim China, Ini Kata Istana

Dradjad menyebut kapal nelayan China pernah masuk ke Laut Natuna ketika Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menjabat sebagai Panglima TNI.

"Seingat saya masuknya kapal nelayan China ke wilayah laut Indonesia dulu juga pernah terjadi, ketika mas Gatot menjadi Panglima TNI. Kalau tidak salah waktu itu langsung ditindak. Namun tindakan sporadis memang terkadang tidak cukup," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah bisa saja memiliki cara senyap yang lain untuk mengatasi masalah tersebut.

"Jadi bukan tidak mungkin Menhan Prabowo bersama para menteri lain di jajaran Polhukam, termasuk Kepala BIN, menggunakan cara lain agar bisa mencegah intrusi kapal China dan negara lain secara lebih efektif," tuturnya.

"Saya pernah menjadi Ketua DISK di BIN. Berdasarkan pengalaman saya, biasanya K/L terkait sudah bergerak mengatasi intrusi semacam ini dan sering kali, gerakan atau tindakan di bidang hankam itu justru tidak boleh dipublikasikan," sambung Dradjad.

Prabowo Cool Hadapi Klaim China, NasDem: Kurang Elegan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata