logo


Chipset Apple A14 Segera Diproduksi Massal, Ukurannya 5 nm

berikut penjelasannya

4 Januari 2020 16:08 WIB

gizchina

JAKARTA, JITUNEWS.COM - TSMC dikabarkan bakal kembali menjadi satu-satunya suplier desain prosesor iPhone. Hal tersebut diungkap oleh laman gizchina. Situs tersebut juga mengabarkan jika chipset flagship Apple yakni A14 akan segera diproduksi secara massal pada kuartal kedua tahun 2020 ini dengan ukuran 5 nm.

Chipset terbaru yang diproduksi TSMC tersebut akan menggunakan teknology extreme ultraviolet (EUV) litografi dimana pembuatannya lebih murah dari chipset seri sebelumhya yakni A14 7 nm. Percobaan produksi chipset tersebut menunjukkan bahwa jumlah transistor pada chipset A14 5 nm itu lebih banyak 1.8 kali daripada versi 7 nm. Selain itu, chipset yang telah dikembangkan oleh TSMC tersebut memiliki kecepatan operasi 15% lebih cepat.

Teknologi yang diadopsi oleh TSMC tersebut nyatanya menarik perhatian dari produsen chipset ternama, seperti Qualcomm, Apple dan Huawei. Adanya chipset itu tampaknya bakal digunakan pada seri iPhone terbaru yang akan dirilis pada musim gugur 2020 mendatang.


Pasar Global Smartphone 5G Ditangan Samsung, Benarkah?

Nokia Tunda Peluncuran Ponsel Kelas Flagship Mereka

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia