logo


Kisruh Indonesia dan China di Kepulauan Natuna, Begini Peta Kekuatan Kedua Negara

berikut penjelasannya

4 Januari 2020 14:54 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memanasnya situasi di wilayah Kepulauan Natuna membuat Presiden Jokowi bersikap tegas. Pemerintah Indonesia berencana untuk mengerahkan kekuatan tempurnya untuk melindungi kedaulatan NKRI. Seperti apa kekuatan tempur yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia dan Tentara China? Berikut data yang dihimpun oleh redaksi dari laman globalfirepower.com.

Kekuatan Militer Indonesia

Menurut situs tersebut, kekuatan tempur TNI berada di peringkat 16 dibawah Pakistan dan diatas Israel dengan jumlah personel militer aktif sekitar 800 ribu tentara. Namun, jika memang dibutuhkan, setidaknya lebih dari 100 juta penduduk Indonesia siap untuk diterjunkan. Untuk kendaraan perang darat, globalfirepower mencatat bahwa Indonesia memiliki 315 tank, 141 artileri otomatis dan 356 artileri manual, 36 poyektor misil dan 1.300 kendaraan lapis baja.


Tanggapi Prabowo Soal Natuna, Susi: Persahabatan antar Negara Tak Boleh Melindungi Pelaku Pencurian Ikan

Sedangkan untuk kekuatan tempur angkatan laut, Indonesia memiliki 221 kapal yang terdiri dari 8 kapal fregat, 24 kapal korvet, 5 kapal selam, 139 kapal patroli dan 11 pangkalan perang laut.

TNI juga memiliki total 451 armada yang diperlukan untuk duel udara. Jumlah tersebut terdiri dari 41 pesawat tempur, 192 helicopter, 8 helikopter perang, 65 pesawat pengebom dan meriam anti serangan udara.

Perang tidak mungkin dimenangkan tanpa logistik. Terkait hal itu, Indonesia memiliki sumber daya minyak bumi sebanyak 1,66 juta barel per hari dan cadangan minyak bumi Indonesia setidaknya 3,23 miliar barel. Selain itu, operasi militer TNI juga akan didukung dengan 14 pelabuhan utama dan 673 bandara.

Kekuatan Militer China

Pasukan militer China secara keseluruhan berada di peringkat 3 besar dunia, di bawah Amerika Serikat dan Rusia. China memiliki 2,6 juta personel militer. Pasukan darat China mempunyai jumlah tank mencapai 13 ribu, 40 kendaraan lapis baja, 4.000 artileri otomatis, 6.246 artileri manual serta 2 ribu roket.

Angkatan laut China memiliki 714 kapal yang terdiri dari 1 kapal induk, 52 fregat, 33 kapal perusak, 41 korvet, 76 kapal selam serta 192 kapal patroli. China juga memiliki 33 pangkalan laut yang siap digunakan.

Dalam pertempuran udara, China memiliki kekuatan tempur yang terdiri dari 1.222 pesawat tempur, 281 helikopter perang, seribu helikopter, dan 1.564 pesawat pembom serta meriam antiudara. Negeri Tirai Bambu tersebut juga tercatat memiliki pesawat transportasi sebanyak 193 buah.

Kendati demikian, hal tersebut adalah catatan diatas kertas. Artinya, dalam ranah militer, setiap negara memiliki kekuatan rahasia yang tidak dipublikasikan. Bisa jadi, kekuatan tempur yang dimiliki oleh Indonesia maupun China lebih dari yang tercatat pada situs globalfirepower.com.

Terkait Sikap 2 Menteri terhadap Natuna, FPI Kritik: Kok Tidak Seganas Tindakan Ketika yang Dihadapi Rakyat Sendiri...

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia