logo


Pasar Global Smartphone 5G Ditangan Samsung, Benarkah?

berikut penjelasannya

3 Januari 2020 17:45 WIB

Jaringan 5G
Jaringan 5G tribunnews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Samsung dikabarkan berhasil memasarkan sebanyak 6,7 juta smartphone 5G sepanjang tahun 2019 kemarin. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu menyebut bahwa angka itu berhasil melewati capaian target yang sebelumnya sudah ditetapkan. Samsung juga mengklaim bahwa mereka mampu menguasai 53,9 persen pasar global smartphone 5G.

Angka tersebut sebenarnya bukan jumlah yang fantastis mengingat perkembangan pasar smartphone global yang sangat pesat. Tercatat, pada ajang IFA 2019, Samsung waktu itu hanya mampu menjual 2 juta smartphone 5G.

Untuk diketahui, smartphone 5G Samsung yang telah tersedia di pasar untuk saat ini yakni Galaxy S10 5G dan Galaxy Note 10 5G.

“Smartphone 5G menyumbangkan 1% penjualan smartphone secara global. Bagaimana pun juga, di tahun 2020, smartphone 5G diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,687% dengan peningkatan kontribusi hingga 18% dari seluruh total penjualan smartphone,” ungkap Neil Shah, Vice President of Research Counterpoint seperti dikutip dari TheVerge Jumat (3/1).


Tencent Digital Ungkap Huawei P40 Rilis Bulan Maret, Support Bluetooth 5.1

TheVerge juga menyebut bahwa tahun ini akan terjadi pertumbuhan pasar smartphone 5G secara global. Hal ini diperkuat dengan hadirnya prosesor Qualcomm Snapdragon 865 yang bulan lalu telah dirilis. Chipset kelas flagship tersebut tentu memberi dampak yang cukup signifikan untuk penyebaran ponsel teknologi 5G.

Hadirnya SoC Snapdragon 865 tentu membuat ponsel-ponsel kelas atas semua merek akan mendapat dukungan jaringan 5G.

Fitur Peringatan Gempa Bumi Akan Segera Dihadirkan Vivo

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia