logo


Kenapa Dokter Pakai Baju Hijau Saat Operasi? Ini Alasannya

Simak berita selengkapnya

3 Januari 2020 16:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tentu kalian pernah melihat para dokter mengenakan pakaian warna hijau saat melakukan operasi. Baju dengan warna tersebut dipilih bukan tanpa alasan loh.

Kenapa para dokter mengenakan baju warna hijau bukan warna lainnya? Ini jawabannya.

1. Membuat tetap fokus


Tak Disangka, Memandang Pria Tampan Ternyata Ada Manfaatnya Loh

Ketika operasi berlangsung, dokter akan banyak melakukan pembedahan bagian tubuh. Hal tersebut membuat dokter melihat banyak darah yang berwarna merah.

Ketika dokter terlalu banyak melihat warna merah maka mereka akan mengalami halusinasi warna saat melihat warna putih. Penglihatan akan jadi berbayang warna hijau, jika sudah begitu maka fokus dokter menjadi terganggu.

Mengapa warna putih membuat penglihatan berbayang? Karena putih memiliki semua spektrum warna, termasuk hijau dan merah. Supaya tidak berbayang maka mereka mengenakan pakaian hijau atau biru.

2. Menyegarkan penglihatan

Jika terlalu lama melihat warna merah bisa membuat dokter menjadi kurang peka terhadap warna merah serta membuat penglihatan menjadi kurang jelas. Hal ini bisa membuat dokter gagal dalam melakukan operasi karena tidak bisa melihat organ tubuh pasien dengan jelas.

Pada abad ke-20 dibuat aturan seragam dengan warna hijau atau biru. Karena warna ini bisa menyegarkan penglihatan dokter ketika terlalu lama melihat warna darah.

Warna biru dan warna hijau bisa menetralkan warna merah, karena kedua warna ini merupakan lawan dari warna merah dalam roda warna.

Bayi Medina Zein Ikut Konsumsi Narkoba? Begini Penjelasan Dokter

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata