logo


Kecam Diskriminasi Muslim Uighur, Hizbullah: Pemerintah Tiongkok Perlu Mencontoh Pemerintah Indonesia

Simak berita selengkapnya

3 Januari 2020 15:30 WIB

Aksi protes Hizbullah terhadap diskriminasi kaum muslim Uighur di Kedutaan Besar China, Kuningan, Jakarta, Jumat (3/1/2020).
Aksi protes Hizbullah terhadap diskriminasi kaum muslim Uighur di Kedutaan Besar China, Kuningan, Jakarta, Jumat (3/1/2020). Dok. Jitunews/Khairul

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jamaah Muslimin (Hizbullah) melakukan aksi solidaritas dan penyampaian pendapat mengecam tindakan diskriminasi yang menimpa Etnis Uighur.

Aksi yang diikuti oleh ratusan massa itu digelar di Kedutaan Besar China, Jalan Mega Kuningan No.2, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Jamaah Muslimin (Hizbullah), Soleh menegaskan bahwa Pemerintah Tiongkok untuk menghapus diskriminasi terhadap umat Muslim di Tiongkok terutama Etnis Uighur.


Terkait Pemindahan Ibu Kota, Tiga Negara Ini Bersedia Tawarkan Desain

“Pemerintah Tiongkok harus menghormati Etnis Uighur seperti warga negara Etnis Han atau yang lainnya,” tegas Soleh saat menyampaikan orasinya.

Soleh mengatakan bahwa pihaknya meminta kepada Pemerintah Tiongkok agar menyampaikan informasi yang sebenarnya tentang Etnis Uighur secara terbuka kepada dunia.

Dia menjelaskan bahwa seruan yang disampaikannya tidak bermaksud mencampuri urusan dalam negeri Pemerintah Tiongkok, namun prinsip yang dianut oleh umat Muslim adalah saling menolong, membela dan melindungi sesuai dalam Surat Al Hujurat ayat 10.

Menurutnya, Pemerintah Tiongkok perlu mencontoh Pemerintah Indonesia dalam mengayomi dan melindungi warga minoritas di tanah air.

“Dalam hal perlakuan penuh hormat dan toleransi Pemerintah Tiongkok perlu mencontoh Pemerintah Indonesia bagi warga negaranya terutama kaum minoritas dengan mengayomi dan melindungi,” pungkasnya.

Tolak Penindasan Terhadap Muslim Uighur, Hizbullah Gelar Aksi Solidaritas

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Iskandar