logo


Erick Thohir Kerahkan Perusahaan BUMN Bantu Korban Banjir Jabotabek

Simak berita selengkapnya

3 Januari 2020 11:51 WIB

Erick Thohir
Erick Thohir Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian BUMN Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk bergerak membantu korban banjir di beberapa titik wilayah Jabodetabek.

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan pihaknya berkoordinasi dengan BNPB agar bisa membantu korban terdampak banjir sesuai dengan kondisi lingkungan masing-masing. Beberapa BUMN juga menyerahkan bantuan mulai dari logistik hingga alat-alat kesehatan. Erick juga mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan sesuai arahan presiden

"Hal ini sesuai dengan arahan Presiden agar kami berkoordinasi aktif dalam penyelamatan warga masyarakat," ujar Erick (02/01).


Soal Banjir Jakarta, Menko PMK Segera Koordinasikan Bantuan ke Korban

Dalam proses penyaluran bantuan Kementerian BUMN sudah membentuk tim untuk membantu penanganan banjir di wilayah Jabodetabek.

Staff Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan tim penanganan banjir itu terdiri dari 4 sampai 7 perusahaan BUMN yang ikut membantu.

Masing-masing perusahaan plat merah ini akan memberikan bantuan logistik di setiap wilayah seperti makanan, obat-obatan, pakaian dan lainnya.

Untuk wilayah Jakarta Utara terdiri dari Pertamina, Pelindo II, Pelni, PGN, BKI, dan Pegadaian. Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur beberapa perusahaan BUMN yang akan turun diantaranya Wijaya Karya, BNI, Mandiri, JIEP, Nindya Karya, Indofarma, Antam, PT PP, PT Waskita Karya, PT Indra Karya, PNRI dan juga PPD.

Untuk wilayah Jakarta Selatan Adhi Karya, Jasindo, Mandiri, Surveyor Indonesia, PT PN III, BRI, Sucofindo dan Danareksa. Untuk wilayah Jakarta Pusat giliran PT KAI, Mandiri, PT PAL, PT PPI dan juga Telkom yang akan bahu-membahu memberi bantuan

Untuk wilyah Jakarta Barat antara lain PIHC, Semen Indonesia, Mandiri, dan PLN. Bukan hanya wilayah Jakarta saja yang akan diberi bantuan oleh BUMN tapi juga wilayah Bekasi, Karawang dan juga Tangerang.

Untuk wilayah Bekasi yang akan menyalurkan bantuan diantaranya Jasa Marga, BRI, BTN, Mandiri, AP I, RNI, Indofarma, PTJT II, Jasa Raharja, KAI, Amarta Karya, Hutama Karya, PT PP, PT PPA, Perumnas, PLN dan Telkom. Sedangkan untuk wilayah Karawang Kementerian BUMN menugaskan Peruri dan Mandiri.

Untuk wilayah Bogor L diantamya Askrindo, Perhutani, dan juga Mandiri. Sedangkan untuk Tangerang diantranya RNI AirNav, AP II, Sarinah, dan Inka sedangkan untuk wilayah Tangerang Selatan Hutama Karya, Mandiri, PLN dan Taspen

Dukungan yang diberikan termasuk Call Centre BNPB (50 petugas) dan Jaringan telekomunikasi selain juga kendaraan, perahu karet, damkar, obat-obatan, pelayanan kesehatan dan kebutuhan lainnya.

"Kami sudah menempatkan titik-titik posko yang sudah ditetapkan BNPB," pungkasnya.

Soal Pernyataan Anies Baswedan Tentang Nabi Nuh, Begini Tanggapan Roy Marten

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata