logo


Waspada! Berikut Penyakit yang Umum Muncul Saat Banjir

berikut penjelasannya

2 Januari 2020 19:26 WIB

Banjir
Banjir Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banjir yang melanda Jakarta di awal tahun 2020 ini tidak hanya mengakibatkan kerugian materi saja, namun juga korban jiwa. Selain itu, banjir juga membawa dampak buruk bagi kesehatan. Berikut beberapa penyakit yang berpotensi muncul.

1. Penyakit Kulit

Penyakit ini merupakan penyakit yang sering muncul meski banjir sudah surut. Bakteri E.Coli dan jamur yang terbawa oleh air dapat mengakibatkan gatal, bercak merah, ruam yang sangat rawan menyebar.


Anies Baswedan Ogah Bahas Pencegahan Banjir di Jakarta, Kenapa?

2. Diare

Kontaminasi bakteri dan kotoran yang terbawa arus dapat menyebabkan terjadinya diare dengan gejala yang sangat bervariasi mulai dari sakit perut, BAB dengan intensitas tinggi dan kram perut yang sangat hebat. Penyakit ini dapat mengakibatkan tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dan cairan secara baik, sehingga jika tidak ditangani dengan baik, potensi kematian bisa saja terjadi.

3. Kolera

Mirip dengan diare biasa, namun biasanya penderita juga mengalami muntah-muntah. Penyakit ini disebabkan oleh makanan dan minuman yang terpapar bakteri vibrio cholerae.

4. Malaria

Air yang menggenang jelas berpotensi sebagai tempat nyamuk berkembang biak. Malaria disebabkan oleh parasit jenis plasmodium yang masuk kedalam tubuh lewat gigitan nyamuk anopheles. Gejala penyakit ini adalah demam tinggi yang sertai dengan rasa lemas. Malaria juga sangat fatal jika penderita tidak mendapat penanganan medis.

5. Demam Berdarah (DB)

Sama seperti malaria, penyakit ini juga disebabkan oleh virus yang dibawa oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Gejala yang umumnya dialami oleh penderita yakni demam yang disertai nyeri otot, sakit kepala yang parah, nyeri di belakang mata, dan gejala-gejala lainnya.

6. Demam Tifoid (Tipes)

Demam tifoid (typhoid) adalah infeksi usus halus yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini sering terkandung didalam kotoran hewan. Gejala yang ditimbulkan biasanya sakit kepala, mual, demam, diare, dan hilangnya nafsu makan.

PBNU Gelontorkan Bantuan 1 Milyar Rupiah untuk Korban Banjir Jabotabek

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia