logo


Pengamat: Pemda DKI Tidak Banyak Melakukan Antisipasi Banjir

Nirwono mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Pemprov DKI

2 Januari 2020 09:36 WIB

Banjir
Banjir Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta dinilai tidak melakukan antisipasi dalam menghadapi banjir sehingga saat ini Ibu Kota tergenang.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Jogo, menyebut penyebab banjir di Jakarta juga dikarenakan proyek normalisasi sungai yang terhambat masalah pembebasan lahan.

"Pemda DKI tidak siap menghadapi banjir, membuktikan Pemda DKI tidak banyak melakukan antisipasi banjir. Program penataan bantaran kali masih terhenti akibat ketidaksepakatan atau perbedaan konsep penanganan normalisasi atau naturalisasi, serta pembebasan lahan di bantaran kali yang tidak berlanjut," kata Nirwono seperti dilansir dari Detikcom, Kamis (2/1).


SPBU Shell Daan Mogot Terbakar, Dua Karyawan Terluka

Selain itu, Nirwono mengatakan bahwa revitalisasi memperdalam situ, danau, dan embung di Jakarta berjalan lambat. Menurutnya, saluran air di Jakarta masih buruk serta daerah resapan air masih minim.

"Banjir terbukti melanda Jakarta di awal tahun baru ini, hari ini penyebabnya hujan lokal, saluran air tidak berfungsi optimal, daerah resapan air yang minim dan hujan lebat di Puncak, Bogor. Luapan air sungai yang membanjiri pemukiman di bantaran kali," jelasnya.

Demi Keamanan, 3.311 Gardu PLN di Jabodetabek Dipadamkan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata